oleh

Heboh, Mirip Bunga Bangkai di Temukan Warga Banjaranyar Ciamis

CIAMIS | BBCOM | Mirip bunga bangkai tumbuh di halaman rumah milik warga,
tanaman langka itu ditemukan Sabo (57) warga RT 03/RW 04 Dusun Purwasari Desa Cigayam, kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Diketahui Bunga bangkai tersebut berjenis suweg, yang merupakan anggota marga amorphophallus atau
umbi-umbian,Tanaman ini masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa.

Pada awalnya, penemuan bunga bangkai tersebut itu diawali dengan munculnya bau busuk yang sangat menyengat. Sabo (57) mengatakan, pada hari Sabtu pagi (31/10/2020) saya mencium bau busuk, dengan penuh rasa penasaran saya mencoba mencari sumber bau yang menyengat tersebut, begitu di lihat ternyata bunga bangkai yang berjenis suweg, ucapnya.

BACA JUGA  Korban Banjir di Banjaranyar Ciamis Keluhkan Keberadaan Dapur Umum dan Air Bersih

Bunga bangkai yang berjarak kurang lebih sekitar 20 meter dari rumahnya, tanaman yang tingginya 60 cm dan diameter 40 cm itu kini menjadi tontonan masyarakat setempat.

Ada warga yang datang hanya mengabadikan dengan photo, tak jarang juga warga yang mempertanyakan bunga tersebut bisa tumbuh di halaman rumah Sabo.

Di lokasi yang berbeda Tohaji, S.Ag (53) warga Desa Cigayam ketika di temui mengatakan, bahwa bungai bangkai tersebut merupakan jenis tanaman Suweg.

BACA JUGA  Program DIPA Harus segera Penuhi Kebutuhan Masyarakat

” Tanaman suweg jarang tumbuh, hanya sekali-kali saja, kemungkinan terpengaruhi oleh faktor cuaca, soalnya tanaman suweg tumbuh dikala musim hujan”, ujarnya, Senin (02/11/2020).

Lanjut Tohaji, “Menurutnya, tanaman itu masuk dalam kategori talas-talasan sehingga siklus hidupnya berbeda dengan Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai, dan mekarnya berumur sepekan, tapi kadang ada juga yang lebih.

Bunga bangkai Suweg sering di samakan dengan iles-iles,Bunga yang di temukan tiga hari yang lalu bikin heboh warga, pasalnya tumbuhan ini termasuk jarang di temui di masyakarat sekitar. (G/Hendra)

Komentar

Berita Terbaru