oleh

Hanya 11 Bulan Warga Lakbok Ciamis, Selesai kan Pembuatan Pesawat

CIAMIS | BBCOM | Hanya membutuhkan waktu selama 11 bulan, Heri Suyanto warga di Dusun Nambo Rt.25 / Rw.06 Desa Cintajaya Kecamatan Lakbok,  Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, telah membuat heboh dengan keberhasilan nya membuat sebuah pesawat terbang.

Heri berhasil membuat pesawat terbang berjenis STUL dengan panjang 7,30 meter dan lebar 9 meter. Dengan proses pengerjaan dilakukan secara manual, pengerjaan sehari hari nya dalam pembuatan pesawat, dirinya di bantu oleh sang istri.

Heri mengakatan, dirinya mengaku pernah mengikuti pembelajaran tentang cara merakit dan membuat pesawat yang ia peroleh dari luar negeri tepat nya di negara bagian Alaska, USA

BACA JUGA  Gencar di Malam Hari, Polsek Kadipaten Operasi Yustisi

“Dulu saya pernah ikut teman pergi ke sana, sambil belajar merakit juga membuat pesawat,dan setelah saya bisa, langsung mempraktekan di sini,” ucapnya.

Diketahui pembuatan pesawat yang saat ini merupakan pesawat ke 3 yang berhasil ia buat, sebelum  Heri Suyanto telah menyelesaikan dua pesawat yang dikerjakan di Sulawesi dan hasil karya nya tersebut sudah dikirim ke Ceko. 

“Saat ini pesawat yang sedang saya buat baru mencapai 90% pengerjaan nya dan belum bisa di pakai untuk terbang,”katanya.

“Untuk sparepart kami gunakan hampir 70% dipasok dari luar negeri, namun pengerjaan dan perakitan dilakukan disini, secara manual,”imbuhnya Jumat (05/02/2021)

BACA JUGA  Polsek Banjaran Himbau Warga Patuhi Prokes

“Jika ditanya masalah biaya yang di habiskan untuk membuat pesawat ini kurang lebih saya sudah merogoh kocek hingga sebesar lima ratus juta rupiah ,dan mesin yang saya gunakan untuk pesawat ini yaitu mesin dari mobil honda Jazz,” jelas Heri.

Heri pun berharap, Pemerintah dapat memberikan apresiasi terkait pembuatan pesawat yang di buatnya, apresiasi tersebut dapat berupa pemberian sertifikat atau yang lainnya. 

Dirinya berencana akan menyerahkan pesawat tersebut kepada negara, ia ingin menunjukkan bahwa anak bangsa dapat membangun pesawat secara manual. ( _D Hendra_)

Komentar