oleh

Hadiri Realisasi Program Jaga Kiai dan Santri, Kapolres Majalengka Ajak Ulama Bangkit Dari Pandemi

MAJALENGKA | BBCOM | Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi bersama Forkopimda Majalengka menghadiri acara Sinergitas Baznas Kabupaten Majalengka dan Pemerintah Kabupaten Majalengka “Realisasi Program Baznas Jaga Kiai dan Santri Tahun 2021, bertempat di Pendopo Kabupaten Majalengka, Senin (23/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi mengajak ulama untuk bangkit dari pandemi COVID-19 dengan menjaga jiwa dan raga agar tetap sehat. “Fokus kita bangkit dari pandemi ini adalah babagi mana menekan orang untuk melakukan polah hidup sehat, sehat jiwa dan raga,” ujar AKBP Edwin Affandi.

Edwin melanjutkan, kesehatan raga merupakan tugas dari tenaga kesehatan dan kedisiplinan diri. Sedangkan, kesehatan jiwa atau mental adalah peran ulama melalui pengajaran keagamaan dan pengamalan spiritual. “Ulama melalui bimbingan keagamaan dapat menanamkan kesehatan mental (jiwa) bagi masyarakat,” jelasnya.

Dengan begitu, lanjut dia, masyarakat dengan jiwa yang sehat akan berbuah pemikiran yang positif kreatif dan inovatif. Sehingga, ada kesempatan untuk berkembang baik secara finansial dan emosional. “Bangkit dari pandemi ini harus diawali dengan semangat positif yang tumbuh dari kesehatan jiwa,” lanjutnya.

Dalam pelaksanaannya Edwin menekankan kepada para ulama untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan ketat dalam setiap aktivitas keagamaan, selain mencegah penularan COVID-19 hal tersebut juga dapat menjadi contoh baik yang diharapkan bisa diikuti oleh masyarakat.

“Ulama sebagai teladan diikuti oleh masyarakat, untuk itu saya berharap ulama dapat membantu mensosialisasikan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” tekan Kapolres.

Orang nomor satu di Polres Majalengka AKBP Edwin juga berpesan kepada ulama untuk menjadikan Prokes sebagai budaya bukan hanya formalitas atau pelaksanaan aturan semata. “Jadi Prokes ini jangan karena terpaksa tapi harus menjadi budaya, sebagaimana disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menjaga kebersihan,” tukasnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Majalengka, Kapolres Majalengka, Kajari, Kasdim, Ketua Baznas, Kadinkes, Ketua MUI, dan Para Ulama se Kabupaten Majalengka.(Arison)

Komentar