Grafika, Industri yang Tidak Akan Mati

15 November 2019 / 19:18 WIB Dibaca sebanyak: 430 kali Tulis komentar

Mesin cetak Offset yang ada di PNJ, Heidelberg Speedmaster 52 (Foto diambil oleh Erdyaldha Rizky Nikita Sitorus)

Pemerintah Indonesia tengah fokus untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan. Ada banyak jenis perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya Vokasi atau yang biasa disebut Politeknik.

Politeknik merupakan pendidikan professional yang mempersiapkan seseorang untuk memeiliki keahlian tertentu. Disiapkan untuk langsung bekerja, mahasiswa politeknik lebih banyak melakukan praktik dibanding materi.

Terdapat banyak politeknik swasta maupun negeri di Indonesia, salah satunya Politeknik Negeri Jakarta. Tidak seperti namanya, politeknik ini berada di Jl. Prof DR GA Siwabessy, Kampus Baru UI, Kukasan, Depok.

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memiliki 7 jurusan, yaitu teknik akuntansi, teknik elektro, teknik grafika dan penerbitan,teknik computer, teknik mesin, teknik sipil, dan teknik tata niaga. Setiap jurusan tersebut memiliki program studi masing-masing.

Ada yang menarik dari salah satu jurusan ini, teknik grafika dan penerbitan. Teknik grafika bukanlah pelajaran yang berhubungan dengan grafik yang menunjukkan suatu hasil dari sebuah pekerjaan. Sejatinya, teknik grafika adalah industri kreatif yang menggabungkan ilmu seperti teknik mesin, matematika, fisika, kimia, dan juga seni.

Dalam industri grafika, kita dituntut untuk menjadi kreatif dengan mempunyai ide untuk mengembangkan produk grafika, baik dari bahan dasar polimer ataupun medianya.

Cangkupan pekerjaan bidang ini adalah seorang desainer yang mampu mengerti secara teknis bagaimana sebuah visual atau informasi yang tercetak dapat sampai ke konsumen. Tinta, gambar, media cetak dan mesin adalah dunianya.

Keterangan: Uang, salah satu hasil dari industri grafika (Foto ini diambil oleh Erdyaldha Rizky Nikita Sitorus)

Meskipun media cetak dikabarkan melemah dalam melawan tren online, grafika akan tetap terus jaya. Sejak kita lahir hingga membeli sesuatu, kita menikmati hasil dari industri grafika. Akte kelahiran, uang dan kemasan merupakan beberapa contoh hasil dari industri ini. (Penulis: Erdyaldha Rizky Nikita Sitorus)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *