oleh

Gelar Lomba Review Buku YRBK Ingin Tingkatkan Minat Membaca dan Berfikir Kritis

BANJAR BBCom – Yayasan Ruang Baca Komunitas ( YRBK ) Kota Banjar Menggelar lomba Review Buku tingkat pelajar SMP sekota Banjar di Kampus SMA N 1 Kota Banjar Selasa (28/5).

Kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 35 siswa yang berasal dari SMP sekota Banjar, Panitia lomba terdiri dari pengurus Yayasan Ruang Baca Komunitas, Perpustakaan jalanan dan Kampung Baca Buku dan juga para Pelajar Kota Banjar yang terdiri dari berbagai sekolah diKota Banjar. Kegitan Lomba Review buku ini bertujuan untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadhan bagi Siswa siswi yang mengikuti kegiatan ini, selain itu loba ini juga untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam membaca sekaligus belajar Literasi.

Dalam Lomba Review buku para peserta diberikan materi dari Buku Bacaan Rakyat yang sudah disediakan oleh panitia, kemudian para peserta diberikan waktu 120 menit untuk menerjemahkan atau menceritakan kembali apa yang dibacanya kedalam sebuah karya tulisan.

BACA JUGA  DPRD Jabar Dukung Forum Ampres Cabut Moratorium DOB

Ade Sulandari Siswa Kelas 2 SMA N 1 Kota Banjar Selaku panitia penyerlenggara kepada BBCom menjelaskan Lomba seperti ini diselenggarakan bukan hanya tingkat SMP saja namun ada juga tingkat Paud/TK dan SD.

“Peserta Lomba Review Buku Tingkat pelajar SMP Sekota Banjar ini bukan saja untuk tingkat pelajar SMP saja namun juga tingkat Paud/Tk seperti lomba mewarnai dan untuk tingkat SD ada lomba Storytelling, kemudian untuk tingkat SMA kita adakan Lomba menulis dengan tema “pemimpin amanah menurut saya”. Terangnya, Kategori penilaian lomba Review buku ini di nilai dari isi, gagasan juga pemikiranya serta hikmah yang didapatkanya.” Jelas nya

BACA JUGA  Wali Kota Banjar: PKK Salah Satu Unsur Penggerak Pembangunan

Salah satu peserta asal SMP N 2 Banjar Lusiana Dewi Agustin menuturkan, Ia mengikuti kegiatan ini mulai dari pertama kali masuk SMP.

“Saya mengikuti lomba ini sejak masuk SMP karna hobi saya membaca,dan saya mengikuti kegiatan ini dari Yayasan Ruang Baca.” jelasnya

Acara seperti ini sudah dilaksanakan beberapakali yang diselenggarakan setiap bulan ramadhan, dan tahun kemaren pernah diadakan acara yang sama. Panitia berharap dengan diadakanya acara seperti ini akan meningkatkan minat dan bakat para pelajar.”kata nya

Harapanya kedepan nya lewat kegitan ini supaya bisa menumbuhkan minat baca kepada para peserta, terutama bagi mereka yang hobi membaca dan juga mengembangkan bakat untuk menulis, selain itu meningkatkan cara berpikir kritis kepada para peserta.” Pungkasnya (Johan)

Komentar