Gandeng foodspot, Loreal Berdayakan Difabel dalam Kita Kantin dan Coffee Corner

JAKARTA | BBCOM | Kita Kantin adalah program Loreal yang bermaksud memberdayakan penyandang disabilitas. Bekerja sama dengan foodspot, Loreal Indonesia memberikan kesempatan kepada difabel untuk menjadi pekerja di Kita Kantin. Dalam kolaborasi tersebut, foodspot ditunjuk sebagai penyedia konsumsi serta bertugas mengatur seluruh kegiatan pelaksanaannya, mulai dari pemilihan restoran dan makanan hingga perekrutan karyawan penyandang disabilitas. 

Program ini dimulai sejak pertengahan Juli 2022 dan berlokasi di Kantor Loreal Kuningan, Jakarta Selatan. Kita Kantin sendiri beroperasi dari pukul 9 pagi sampai pukul 2 siang. Setiap harinya, foodspot menyediakan 250 hingga 300 porsi makanan yang berkualitas. 

Selain Kita Kantin, Loreal bersama foodspot juga mulai membuka kedai kopi dengan nama Coffee Corner. Dimulai sejak Senin, 23 Januari 2023, Coffee Corner pun menjadikan difabel sebagai tenaga kerjanya, baik barista ataupun pramusaji. Saat ini, foodspot sudah mempekerjakan dua karyawan penyandang disabilitas (tuna daksa dan tuna netra) untuk kedai kopi tersebut.


Program Kita Kantin dan Coffee Corner sendiri menjadi bagian dari program Solidarity Sourcing oleh Loreal. Dimulai sejak 2010, program tersebut memberikan kesempatan kepada pencari kerja dari vulnerable communities untuk dapat bekerja dan memiliki pendapatan. Program Solidarity Sourcing ini tidak hanya berfokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas. Filipus Triwiyoso, Head of Operation di Purchasing Department mengungkapkan, “Di Indonesia, terdapat 5 kategori vulnerable communities yang menjadi fokus kami. Selain penyandang disabilitas, kami juga memberdayakan pensiun yang masih memiliki potensi bekerja, vulnerable economic, badan usaha yang dipunyai oleh wanita dan badan usaha berskala kecil. Program ini membawa harapan bahwa pergerakan kecil yang kita lakukan dapat memberikan dampak yang besar”. 

Setelah dipugar selama 3 minggu, Kita Kantin kembali dibuka per tanggal 16 Januari 2023. Renovasi Kita Kantin dilakukan dengan memperluas kantin dan memperbaharui denahnya. Widya, selaku Facility Manager di Loreal mengungkapkan, “Pembaharuan kantin ini merupakan perintah langsung dari Presiden Direktur kami yaitu Junaid Murtaza. Kita memperluas layout kantin supaya suasananya lebih nyaman dan karyawan bisa makan siang dengan lebih leluasa”. 

Selain renovasi denah, diterapkan pula beberapa peraturan baru pada Kita Kantin. Salah satunya adalah, hanya karyawan yang bertugas menyajikan yang hanya boleh berada di tempat penyajian makanan. Karyawan kantin juga mendapatkan seragam dengan desain baru dan diharuskan menggunakan penutup kepala. 

Kantin di Loreal sendiri sudah ada sejak 2018 dan sudah 2 kali dilakukan renovasi. Mengingat pentingnya keberadaan kantin, dibutuhkan pembaharuan untuk memberikan suasana nyaman kepada karyawan. “Dengan tersedianya kantin yang nyaman, kami selaku karyawan tidak perlu mencari makan diluar kantor. Para karyawan juga dapat bekerja sambil makan siang di meja-meja yang sudah disediakan. Hal ini tentu memberikan efisiensi dan meningkatkan produktivitas karyawan”, ungkap Widia. 

Melalui Kita Kantin dan Coffee Corner, foodspot bangga berkolaborasi dengan loreal dalam memberdayakan penyandang disabilitas. Tak hanya berkontribusi dalam menyediakan makanan bercita rasa lezat dan bergizi, foodspot juga bertanggung jawab dalam perekrutan karyawan. 

“Kebutuhan dan permintaan pelanggan adalah prioritas kami. Menjadi portal penyedia makanan terpercaya, foodspot berusaha untuk selalu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Salah satunya dengan memenuhi segenap keinginan pelanggan. Mulai dari kebutuhan konsumsi suatu acara, konsumsi harian, sampai memasok makanan untuk kantin karyawan”, ungkap Ken Aoyagi, CEO foodspot. (rls/dd)

Komentar