Dukung Penanganan Covid-19, DPRD Jabar Sepakati Pergeseran Anggaran

26 April 2020 / 00:19 WIB Dibaca sebanyak: 126 kali Tulis komentar

BANDUNG | BBCOM | Dalam upaya percepatan penanganan pandemi covid-19 di Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama DPRD Jabar telah menyepakti pergeseran anggaran dari APBD Jabar yang nilainya mencapai  triliun rupiah.

Untuk menenuhi anggaran sebesar Rp.18 triliun tersebut, DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar tengah membahas rencana pergeseran anggaran dari kegiatan yang ada di organisasi perangkat daerah (OPD) dengan cara memotong beberapa kegiatan/ proyek yang telah ditetapkan dalam APBD Jabar 2020.

Anggota Badan Musyawarah DPRD Jabar H.Mirza Agam Gumay, SMHk, membernarkan bahwa beberapa waktu lalu telah dilakukan rapat internal Badan Musyawarah.  Dalam rapat yang dilakukan secara virtual/video conference tersebut, peserta rapat semua menyetujui dilakukan pergeseran anggaran, untuk mendukung percepatan penanganan pandemi covid-19.

Namun, secara teknisnya, hasil Banmus DPRD Jabar akan ditindak lanjuti dalam rapat Badan Anggaran  DPRD  Jabar bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah [TAPD], ujar Agam –sapaan akrab Mirza Agam Gumay saat dihubungi mediaonline : bandungberita.com, Minggu, [26/4-2020]. 

Dikatakan, rapat Banggar DPRD Jabar, tentunya untuk menyepakati besaran pergeseran anggaran dari masing-masing OPD. Namun, karena saya bukan anggota Banggar, tentunya  keputusan Banggar kita akan setujui, karena kan  Pimpinan dan anggota Banggar itu ada semua perwakilan dari seluruh fraksi, ujar politisi partai Gerindra ini.

Apakah dangan dilakukan pergeseran anggaran akan berdampak terhadap target OPD yang telah digariskan dalam APBD Jabar 2020 ?.   Agam secara tegas mengatakan, dampak pergeseran anggaran pasti ada terhadap program yang telah ditetapkan. Namun, itu tidak menjadi persoalan, karena penanganan pandemi covid-19 ini merupakan musibah non bencana alam yang sifatnya segera ditangani dan diatasi, ujarnya.

Agam menambahkan bahwa, seluruh mitra kerja Komisi I DPRD Jabar akan dikenakan pergeseran anggaran. Namun, seberapa besar, anggaran yang digeser dari masing-masing OPD mitra Komisi I, terus terang sampai saat ini saya belum mengetahui. Tapi yang jelas ada pergeseran anggaran, ujar Agam yang juga anggota Komisi I DPRd Jabar ini. 

Lebih lanjut Agam mengatakan, kita tentunya semua berharap, agar wabah virus covid-19 ini cepat berakhir, agar kehidupan kita kembali berjalan normal sebagaimana mestinya.

Untuk itu, Agam pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang,  mengikuti anjuran Pemerintah mulai dari social dan physical distancing, memakai atribut kesehatan/ masker, jika tidak ada kepentingan lebih baik di rumah atau beraktivitas di rumah, selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun., imbaunya. [adikarya parlemen/dp]

Bagikan
Share
BACA JUGA  Daud Ahmad di Lantik Sebagai Sekretaris DPRD Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *