Desa Bumiwangi Laksanakan Program Nasional Padat Karya Tunai Tahun 2019

16 Desember 2019 / 08:16 WIB Dibaca sebanyak: 508 kali Tulis komentar

Ciparay | Kab.Bandung |BBCOM | Pemerintah Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung yang di pimpin oleh   Drs. Rudiya Tri Sanjaya.

Telah melaksanakan program Nasional padat karya tunai tahun 2019. Hal tersebut terbukti ketika wartawan melakukan tugasnya ke Rw 14 dan 15 desa Bumiwangi,  tampak terlihat Kepala Desa Bumiwangi dan warga masyarakat wilayah tersebut sedang melakukan kerjasama membersihkan saluran air lingkungan pada Minggu (15/12/2019).

Disela-sela kesibukanya Kepala desa Bumiwangi  Drs.Rudiya Tri Sanjaya mengatakan, Ini bagian dari upaya negara untuk membangkitkan kembali kebersamaan dalam kotong royong kerja bakti bagian dari pilosofi sebagai warisan dari leluhur kita. “Apa lagi, saat ini negara punya program nasional yang bernama  padat karya tunai, itu merupakan kewajiban kami  untuk  melaksanakan  anggaran yang diperlukan. Kami juga bersukur pada

Allah Subhanahu wa Ta’ala,  bahwa  saudara kami  khususnya  Rw 14 dan 15 sangat antusias menyambut padat karya tunai ini,” kata Rudiyaò.

Rudiya menambahkan, sasaran utama kegiatan padat karya ini adalah. Kebersihan dan ke indahan lingkungan,  pelaksanaan sanitasi drenase dan saluran air  dengan tujuan utama adalah, punya daya cegah dari kerawanan banjir disetiap musim hujan menjadi momok bagi kami. Mudah-mudahan dengan kebersamaan dan silaturahmi ini,  sasaran pembangunan  lingkungan yang bersih dan bebas dari penyakit sehingga  keindahan dapat terwujud,”tambahnya.

Dengan kebersamaan  menurutnya, jadi energi  buat kami semua pola  pembangunan di area desa bumiwangi yang tersebar mulai dari Rw 1 sampai Rw 19 dapat dilaksanakan. “Sehingga,  hasilnya juga positif dan dapat memuaskan para pengguna dan penerima manfaat juga negara sebagai pemberi anggaran,” ujar Rudiya.

Ia juga kedepan, akan terus melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana. Adapun mengenai anggaran, kami sudah ada pos  anggarannya dari dana desa, itu sebagai  pioritas utama di   setiap Rw yang ada di  desa bumiwangi. “Adapun  nominalnya, kami akan dianalisa dulu sesuai dengan keperluan sehingga, terjadi pemerataan,” ucapnya.

Rudiya melanjutkan, alhamdulillah dalam kegiatan padat karya tunai ini masarakat juga sangat mendorong untuk melaksanakan  kegiatan- kegiatan kebersamaan tersebut. Kami juga ucapkan terimakasi pada warga yang punya  tanggung jawab dan empati sosial khusnya di wilayah masing-masing dan areal di sekitarnya,” pungkas Rudiya Kepala desa bumiwangi itu.

Sementara menurut salahsatu warga masyarakat Rw 14 Asep Rukmana mengatakan, kami sebagai warga mengucapkan banyak terimakasih pada pemerintah khususnya pemeribtah desa bumiwangi yang sudah merealisasikan  asfirasi warga masyarakat mengenai kebersihan lingkungan. Kami sangat apresiasi terhadap pemerintahan desa bumiwangi,” imbuh asep.

Asep juga berharap, kegiatan ini berkesinambungan dan  berkelanjutan, tidak mentok disini sajah. “Jadi, setiap ada  kegiatan mudah-mudahan harapan kami semua warga masyarakat kompak selalu dan menjaga kebersamaan  demi terciptanya lingkungan yang bersih,” tutupnya. (US)

Bagikan
Share
BACA JUGA  Jalan Menuju Perumahan Cikahuripan Dicemari Tumpukan Sampah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *