oleh

Dedi Suryadi Lantik Karang Taruna Kecamatan Banjar Priode 2017- 2022

BANJAR, BBCom – Camat Banjar melantik dan mengukuhkan pengurus Forum Karang Taruna Singajaya periode 2017 – 2022  bertempat di halaman Kantor Kecamatan Banjar, Kota Banjar Jawa Barat.

Selain dari bidang kebudayaan yang diwakili oleh Dinas pendidikan dan kebudayaan serta Dewan Kebudayaan Kota Banjar, acara tersebut di hadiri oleh Kapolsek Banjar Kompol Dadi Suhendar, Danramil 1313/Banjar Mayor Inf Agung Subekti, Ketua Karang Taruna Kota Banjar, para Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Banjar dan para pengurus dan anggota Karang Taruna Desa dan Kelurahan.

Camat Banjar Dedi Suryadi menjelaskan, dibentuknya Forum Karang Taruna Kecamatan ini, tujuannya adalah untuk memfasilitasi dan mengkoordinasikan kegiatan Karang Taruna Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Banjar.

“Sesuai aturan dan ketentuan Kecamatan berwenang untuk melaksanakan pengukuhan Forum Karang Taruna tingkat Kecamatan,”kata Dedi

Menurut Dedi,pengkuhan Forum Karang Taruna mengikuti sesuai aturan dari Karang Taruna tingkat Kota Banjar yang juga telah di kukuhkan oleh Walikota Banjar, juga menjadi tugas pengurus Forum Karang Taruna Kecamatan yang baru saja dilantik.

“Pertama, mengaktifkan Karang Taruna Karang Taruna Desa dan Kelurahan yang belum aktif supaya aktif  berkoordinasi dengan Kepala Desa dan Lurah dan akan kami berikan wawasan supaya Karang Taruna ini bisa berjalan sesuai dengan tugas dan tufoksinya,” Ungakapnya, Minggu (4/11) selepas melantik pengurus forum Karang Taruna Kecamatan.

Lanjut Dedi,selain itu Forum Karang Taruna Kecamatan bisa membantu Karang Taruna Desa supaya menggali potensi Desa dan Kelurahan, Dia juga memberikan kebebasan kepada anggota Forum Karang Taruna dalam menentukan hak politiknya, baik sebagai pengurus partai politik maupun Caleg pada Pemilu 2019 nanti selama tidak dicampur adukan.

Sementara itu Ketua Forum Karang Taruna Singajaya Kecamatan Banjar Redi Riandi,  Menyampaikan dia selaku ketua memberikan kebebasan bagi para anggota maupun pengurus yang masuk kedunia politik, selama mereka tidak membawa atas nama lembaga, tetapi secara pribadi. Karena lembaga Forum Karang Taruna tidak boleh dibawa keranah politik, sikap kami netral.

“Selama tidak membawa nama lembaga Forum karang Taruna silahkan ikut terjun kedunia politik, karna lembaga Forum Karang Taruna harus netral,”Tegas  Ketua Forum Karang Taruna Singajaya Kecamatan Banjar 

Sementara Ketua Pelaksana Joko Nurhidayat menyampaikan, dalam laporannya bahwa salah satu tujuan diselenggarakannya acara ini selain acara pelantikan, juga untuk menggali potensi budaya pemuda di Desa/Kelurahan Se-kecamatan Banjar sekaligus memperingati sumpah pemuda yang 90 tahunnya, karena kami melihat ghirah keorganisasian karang taruna di tengah pemuda jaman now semakin surut dan menurun.

Semoga pelantikan ini menjadi stimulus dan pecut untuk semua anggota Karang Taruna Se-kecamatan Banjar untuk aktif dalam pembangunan khususnya generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa kedepan, juga sebagai mitra strategis pemerintah di berbagai tingkatan untuk memajukan dan mengembangkan daerahnya.

“Makanya Tema yang diangkat dalam acara ini pun adalah ” Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.pungkas Joko. (Johan)

Komentar