Dandim 0610 Sumedang Dampingi Kunker RHL/BKSDA Jabar dan Perhutani Reboisasi Konservasi di TBM Kareumbi

7 November 2018 / 17:26 WIB Dibaca sebanyak: 127 kali 1 Komentar

SUMEDANG BBCom – Dandim 0610/Sumedang beserta Jajaran unsur dari Korem 062/tarumanagara melaksanakan pendampingan kunjungan kerja (kunker) Rehabilitasi Hutan Lahan Rawan Bencana (RHL) dari BKSDA Jawa Barat dan Perhutani Tahun 2018, di wilayah Blok Patambon Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupatn Sumedang bertempat di Persemaian RHL Desa Cilembu. Rabu pagi (7/11/2018)

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti tentang penanaman reboisasi konservasi di Taman Buru Masigit (TBM) Kareumbi yang belum terselesaikan pada tahun 2017 dengan luas 100 Ha.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto firmansyah, S.E,. M.Tr (Han) mengatakan rencana RHL berupa penanaman pohon Produktif dan ekonomis yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0610/Sumedang akan dilaksanakan di beberpa Kecamatan yang telah ditentukan dari BKSDA dan Perhutani diantaranya Kecamatan Sumedang Selatan, Kecamatan Pamulihan, kecamatan cibugeul, Kecamatan Situraja serta Kecamatan Cisitu.

Adapun sasaran pertama yang akan dikerjakan dalam pelaksanaan kegiatan Rehabilitasi Hutan Lahan Rawan Bencana ini sesuai dari petunjuk BKSDA dan perhutani diantaranya Pembuatan jalan pemeriksaan, pemotongan semak dan alang-alang, penentuan arah larikan, pemasangan ajir, pembuatan piringandan lubang tanaman, pembuatan apapan nama, pembuatan gubuk/pondok kerja, pemupukan, distribusi bibit ke lubang tanam, pengawas /mandor.

“Pelaksanaan RHL ini kita berkordinasi sekaligus mengikuti petunjuk BKSDA dan Perhutani,”Ucap Novianto firmansyah.

Hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terlaksananya upaya membantu pemerintah membudidayakan atau mengkampanyekan penanaman pohon produktif dan bernilai ekonomis di berbagai wilayah yang ada di kabupaten sumedang.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini selain membatu pemerintah dalam hal mengkampayekan pohon produktif kita ingin lewat kegiatan ini pula kedepan nya akan tercipta “IndonesiaHijau Berseri” (bersih Sehat rapi  dan Indah).tegas Letkol Arh Novianto. (Red/Johan)

Bagikan
Share

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *