oleh

Cek Kesiapan Perlengkapan Personil SAR, Kapolres Tasikmalaya Kota Pimpin Apel Siaga Bencana

TASIKMALAYA | BBCOM | Memasuki akhir tahun ini dengan prediksi cuaca ekstrim yang bisa menimbulkan terjadinya bencana alam, maka untuk antisipasi hal tersebut Polres Tasikmalaya Kota melaksanakan Apel Siaga Bencana bertempat dihalaman Mapolres, Senin pagi (25/10/21) .

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan, SH., S.I.K., M.Si. mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan Jajaran Polres Tasikmalaya Kota dalam menghadapi bencana alam di Wilayah Hukum Polres Tasikmalaya Kota. “Perlu diketahui musim penghujan setiap akhir tahun sering menimbulkan dampak bencana, untuk itu perlu kesiapsiagaan kami TNI-Polri khususnya Polres Tasikmalaya Kota menghadapi hal tersebut,” ungkapnya sesaat setelah Pimpin Apel Siaga Bencana.

“Mengingat kondisi Wilayah Hukum Polres Tasikmalaya Kota rentan bencana alam seperti longsor, banjir dan pohon tumbang,” tambahnya.

BACA JUGA  Ikmal Sidik Mahasiswa STAINU Menjadi Kebanggan Jawa Barat

“Hasil pengecekan kendaraan dan Peralatan SAR seluruhnya sudah dalam keadaan siap pakai, perlu diketahui juga untuk Wilayah Priangan, Polres Tasikmalaya Kota memiliki kendaraan dan peralatan SAR modern, bisa sewaktu waktu geser ke Polres lain Wilayah Priangan yang membutuhkan bantuan alat ini,” sambungnya.

Polres Tasikmalaya Kota telah menyiapkan Posko Siaga Bencana dengan 30 Anggota yang telah melakukan pelatihan SAR.

BACA JUGA  Polsek Cigalontang Polres Tasikmalaya himbau 3M dan Ops Yustisi Gaktibplin

Kasat Samapta Polres Tasikmalaya Kota AKP Yusuf Ruhiman, S.I.P., SH., MH. menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan Anggota SAR yang siaga setiap saat. “Sat Samapta siapkan 30 Anggota SAR di back up oleh Dalmas apabila sewaktu waktu dibutuhkan dalam penanggulangan bencana alam,” tandasnya.

Dalam arahannya Kapolres berpesan agar melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan TNI dalam menanggulangi bencana alam serta menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi musim hujan kali ini. (Arison/Hms)

Komentar