oleh

Catat Tanggalnya! Olimpiade Matematika dan Sains Internasional Hadir Desember Mendatang

BOGOR | BBCOM | Mendengar kata olimpiade internasional tentu yang muncul di benak adalah kompetisi dengan persaingan ketat dan menantang, bahkan sulit untuk digapai. Namun kini, kesempatan untuk menjelajahi berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional semakin terbuka lebar.

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) membuka jalan bagi pelajar berprestasi yang ingin menunjukkan kemampuannya di bidang Matematika dan IPA untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi besar, baik nasional maupun internasional. Dengan bermodalkan kemauan yang keras serta usaha yang gigih, mimpi untuk menjadi juara olimpiade bukanlah hal yang tidak mungkin.

KPM Kembali ditunjuk menjadi penyelenggara sekaligus tuan rumah pelaksanaan International Mathematics and Science Olympiad (IMSO). IMSO adalah sebuah kompetisi yang digagas untuk mempertemukan para siswa tingkat sekolah dasar yang memiliki bakat di bidang Matematika dan IPA dari berbagai negara, salah satunya dari Indonesia.

Presiden Direktur KPM Dr. Raden Ridwan Hasan Saputra, M.Si. merupakan Juri Internasional untuk bidang Matematika. Beliau diberikan amanah oleh International Committee Board untuk menyelenggarakan IMSO secara berturut-turut, yaitu IMSO ke-17 yang telah digelar pada Januari 2021 dan IMSO ke-18 yang akan segera digelar Desember 2021 mendatang.

IMSO ke-17 yang diikuti oleh lebih dari 15 negaradigelar di masa pandemi, sehingga dilaksanakan secara online. Meskipun demikian, KPM berhasil melaksanakannya dengan sangat baik, sehingga pihak Komite Internasional memberikan kepercayaannya kembali kepada KPM untuk menyelenggarakan IMSO yang ke-18.

Kami bersyukur kepada Allah SWT atas penunjukan kembali KPM sebagai Host IMSO ke-18. Tentunya menjadi tanggung jawab besar KPM mewakili Indonesia untuk memberikan kontribusi dan hasil terbaik dalam penyelenggaraan kompetisi ini. Semoga IMSO ke-18 ini bisa kembali sukses secara penyelenggaraan dan prestasi akademik,” ungkap Herman Hadiwijaya, General Manager Diklat dan Lomba KPM.

Peserta IMSO ke-18 adalah siswa-siswi terbaik dari setiap negara partisipan. Setiap negara partisipan berhak mengirimkan masing-masing 6 peserta untuk bidang Matematika dan 6 peserta untuk bidang IPA.Tentunya setiap negara akan mengirimkan peserta terbaiknya demi mendulang prestasi pada lomba tingkat advance ini.

Olimpiade bergengsi tingkat internasional ini rencananya akan digelar mulai tanggal 14 – 19 Desember 2021. Kabar gembira bagi adik-adik penggemar Matematika ataupun IPA yang sekarang berada di kelas 4 – 6 SD, KPM membuka peluang untuk berprestasi di tingkat internasional dengan mengikuti seleksi IMSO 18. Ada dua tahapan seleksi, yang pertama adalah seleksi tahap satu pada 7 November 2021 dan seleksi tahap dua pada 12 November 2021.

Pendaftaran seleksi IMSO sudah dapat diakses melalui website KPM di www.kpm.read1institute.org. KPM memberikan harga presale sebesar Rp. 200.000,- bagi peserta yang mendaftar pada tanggal 3 Oktober 2021 sampai 20 Oktober 2021. Sedangkan bagi peserta yang mendaftar pada 21 Oktober 2021 sampai 4 November 2021 dikenakan biaya sebesar Rp250.000,-. Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu dan jadilah Juara IMSO 18! (rls/rd)

BACA JUGA  DPRD dan Disperindagkop Kota Banjar Sidak Harga Bahan Pokok

Komentar