Bupati Bandung Kukuhkan 2251 Peserta KMD Kwarcab Pramuka se Kab. Bandung

KAB. BANDUNG | BBCOM | Bupati Bandung mengukuhkan Pengurus Mabiran dan Kwartir Ranting, Pengurus Satuan Kerja Pramuka, Pengurus Satuan Komunitas Pramuka dan Inagurasi Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD).

Pengukuhan dan penyerahan Ijazah KMD Pramuka Kwarcab tersebut , dihadiri 31 Kwarran dan peserta penyerahan Ijazah sejumlah 2.251 orang. “Rekor, angkatan 53 diikuti oleh putra 963 orang, putri 1.288 orang dengan jumlah keseluruhan mencapai 2.251 orang yang berlangsung di Dome Bale Rame Soreang, Selasa (24/01/23) pagi.

Menurut Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna dalam sambutanya mentampaikan, Jajaran Pramuka telah dikenal luas sebagai wadah yang ideal bagi generasi muda dalam upayanya mendidik diri sebagai generasi yang memiliki karakter, tangguh dan berakhlak mulia serta memilki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Pengurus Satuan Kerja Pramuka, Pengurus Satuan Komunitas Pramuka dan Inagurasi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tkt. Dasar (KMD).

Bupati Bandung juga mengatakan, citra Pramuka yang telah terbangun harus terus dipertahankan dengan penuh kesungguhan oleh seluruh anggotanya dengan cara berperan aktif dalam pembangunan di berbagai aspek kehidupan masyarakat yang selaras dengan Trisatya dan Dasa Dharma serta seyogyanya mengakar pada setiap sanubari anggota Pramuka.

Bupatii Dadang Supriatna berharap agar gerakan Pramuka dapat terus berinovasi dan merancang kegiatan yang proaktif mengingat tantangan kedepan yang harus dihadapi.
“Gerakan Pramuka harus mampu tampil sebagai benteng generasi muda dari pergaulan bebas, narkoba, seks bebas, minuman keras serta ikut mensosialisasikan bahaya pernikahan dini’. Kata Bupati Dadang Supriatna.

Dalam menghadapi ancaman krisis global dan tingginya inflasi , Bupati Bandung berpesan agar gerakan pramuka dapat beperan dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Karena, kaum muda akan lebih tertarik apabila gerakan pramuka di Kabupaten Bandung dapat memfasilitasi kegiatan-kegiatan bernuansa ekonomi masyarakat dan mampu mencetak bibit-bibit unggul dan berkualitas untuk melanjutkan kepemimpinan baik di tingkat regional maupun nasional.

Selanjutnya Bupati Dadang Supriatna mengajak seluruh insan pramuka di kabupaten Bandung untuk tetap solid dan berperan aktif dalam mmensukseskan program-program Kabupaten Bandung demi terwujudnya masyarakat yang bangkit, edukatif, dinamis, agamis dan sejahtera dengan konsep pembangunan yang berkelanjutan.

Apresiasi yang besar diberikan Bupati Bandung bagi seluruh keluarga besar Pramuka Kabupaten Bandung yang telah berperan aktif memberikan kontribusi pada raihan 130 penghargaan bagi Kabupaten Bandung di tingkat regional maupun nasional pada tahun 2022, peran pramuka dalam penanganan covid 19 serta peningkatan pendapatan asli daerah dari 960 milyar rupiah pada tahun 2021 menjadi 1,244 triliun rupiah di tahun 2022.

Menutup sambutannya, Bupati mengingatkan kepada kwarcab Pramuka Kab. Bandung agar melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan karakter masyarakat yang diselaraskan dengan tiga muatan lokal di sekolah yaitu Pancasila dan UUD 45, pendidikan budaya dan Bahasa sunda serta Pendidikan mengaji dan menghapal Al-Qur’an.

Sementara itu dalam laporan kegiatannya, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Bandung, Emma Dety Supriatna mengatakan bahwa penyelenggaraan pembinaan Pramuka mahir tingkat dasar (KMD) ini bertujuan untuk menghasilkan pembina-pembina pramuka yang Tangguh dan mahir.Yaitu pembina profesi yang memahami kebutuhan peserta didik serta mampu menerapkan sistem among dalam pengembangan gugus depannya dan mengamalkan Dasa Darma dan Trisatya.

Dijelaskan Emma Dety bahwa Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Bandung pada tahun 2022 telah menciptakan rekor KMD terbanyak dalam jumpa Angkatan dan peserta dengan melibatkan 53 angkatan dan 2251 peserta yang terdiri dari 963 orang peserta pembina putra, 1288 orang peserta pembina putri yang pada kegiatan ini dikukuhkan oleh Bupati Bandung sebagai Ketua Mapicab Kabupaten Bandung.(uden)

Komentar