,

Budidaya Jambu Cristal Menjadi Andalan Kelurahan Hegarsari di HKP

1 Agustus 2018 / 18:49 WIB Dibaca sebanyak: 238 kali Tulis komentar

BANJAR BBCom – Dalam Rangka Hari Krida Pertanian ( HKP ) yang ke 46 tahun 2018, Kelurahan Hegarsari tak mau ketinggalan mereka turut serta ambil bagian lewat program Peningkatan Produksi Pertanian, bahkan mengikutsertakan seluruh pelaku tani yang ada di wilayahnya terdiri dari KTNA, GAPOKTAN, POKTAN dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Kendati lahan Pertanian di wilayah kelurahan Hegarsari tidak luas, jika dibandingkan dengan lahan pertanian yang ada di kel/desa lain yang ada dikota Banjar. Areal pertanian yang dimiliki kelurahan Hegarsari hanya berada di wilayah lingkungan Tanjungsukur dan Pangadegan.

Namun pada giat HKP 2018, yang ke 46 para pelaku tani sangat antusias mengikuti acara tersebut di antara nya Gapoktan Tunas mekar, Poktan tunas karya, Sritanjung 1 dan Sritanjung 2, kwt berkah, mekar melati 1 dan 2. yang tersebar di wilayah Hrgarsari.

Menurut Sekertaris Kelurahan (Seklur) Budi Kuswandani, S. Sos, M. AP mengatakan, pada giat HKP ini, kita tampilkan produk produk hasil pertanian dan peternakan yang ada di wilayah kelurahan Hegarsari.

“Kami menampilkan unggulan yang sesuai dengan wilayah Hegarsari seperti budidaya tanaman aglonema jambu kristal, bertani tanaman singkong dan Kelapa Super, sedangkan hasil tani Kawasan Rumah Pangan Lestari kita tampilkan tanaman cabai, kubis ungu, cabai rawit, mentimun,” Katanya,Rabu (1/8) kepada BBCom

Lanjut Budi ada juga dari peternakan seperti ayam kate serama dan ternak lele, sementara dari bidang teknologinya, KTNA Hegarsari menampilkan teknologi sederhana tepat guna yaitu alat pengusir musang dan tikus.

“Untuk peternakan ada pengembagan ternak ayam kate serama dan ikan lele, untuk teknologi yaitu alat pengusir musang dan tikus,” jelasnya

Kegiatan HKP ini kelompok tani (POKTAN) sendiri mempunyai beberapa moto seperti, patani sugih mukti, Nagri walagri Lelaki Ganteng Bercocok Tanam (LGBT), Mending Panas Cangkeng (Tatani) dari pada panas beuteung (Kalaparan), Sasieureun Sabeunyeureun pikeun kahirupan anu walagri

Seklur Kelurahan Hegarsari berharap, dengan adanya giat HKP 2018 yang ke 46 ini seluruh pelaku tani dapat termotivasi untuka lebih berkarya, berinovasi dalam meningkatkan hasil produksi pertanian sehinggau tarap hidup petani semakin meningkat khususnya diwilayah kelurahan Hegarsari. (Johan)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *