oleh

Batalyon TNI Peringkus Gembong PKI Temukan 2 Gadis PMI di Hutan

KALBAR | BBCOM | Prajurit militer Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) yang aman dua gadis muda yang mereka temukan di kawasan hutan perbatasan NKRI dengan Jiran.

Kedua gadis itu ditemukan TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia, Batalyon Infanteri 407 / Padma Kusuma di hutan wilayah Desa Sei Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Berdasarkan siaran resmi dari Yonif 407 / PK yang dilansir VIVA Militer , Kamis 11 Februari 2020, kedua gadis itu ditemukan saat akan menerobos masuk ke wilayah Negeri Jiran, tanpa memiliki dokumen yang resmi. Kedua gadis itu diketahui merupakan Pekerja Migran Indonesia alias PMI.

BACA JUGA  Kapolri Siap Kerja Sama Dengan TNI AD Peningkatan Pendidikan Perwira

Menurut Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia, Yonif 407 / PK, Letnan Kolonel Inf Catur Irawan, kedua gadis itu ditemukan prajurit TNi dari Pos Sei Kelik. Jadi ketika para prajurit TNI sedang melakukan patroli dan pengendapan di beberapa jalur tikus atau jalur tak resmi di batas kedua negara.

BACA JUGA  Hasil Tes Urine Terhadap 306 Anggota Polda Metro Jaya Bebas Narkoba

“Dari hasil pemeriksaan kedua orang PMI tersebut berinisial EF (16 tahun), dan ST (15 tahun) yang merupakan warga asal Desa Sebetung Paluk, Ketungau Hulu, Sintang,” kata Letkol Inf Catur.

Setelah ditemukan, kedua gadis itu dibawa dan diamankan ke Pos TNI Sei Kelik. Setelah itu menjalani pemeriksaan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19. Selama pemeriksaan PMI non prosedural tersebut mereka tidak dapat menunjukkan dokumen resmi untuk masuk ke Malaysia, ”katanya.(Hs)

Komentar