Bagaimana Cinta Datang?

22 Juni 2019 / 10:23 WIB Dibaca sebanyak: 207 kali 1 Komentar

photo : pexels.com)

Cinta, merupakan perasaan emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi.

Sebenarnya apa yang menyebabkan lahirnya cinta?

Berikut adalah penjelasan Imam Al-Ghazali mengenai sebab-sebab lahirnya cinta.

Pertama, manusia mencintai hidupnya sendiri. Inilah cinta pertama manusia. Dengan hidup yang dimilikinya manusia sudah pasti harus mencintai kehidupannya sendiri agar bisa menikmati hidup dengan bahagia.

Kemudian, ia mencintai anggota tubuhnya, harta, anak-anak, kerabat dan teman-temannya. Manusia menyukai semua itu bukan karena wujudnya, tapi karena semua itu dapat membuatnya hidup secara sempurna. Maka, pasti ia akan mencintai keturunannya, walaupun tidak memperoleh keuntungan darinya .

Kedua, yang menjadi penyebab datangnya cinta adalah sikap suka kepada kebaikan. manusia diciptakan dalam fitrah yang baik dan diciptakan untuk suka kepada hal-hal yang baik. Begitu juga hati, ia cenderung cinta terhadap orang yang berbuat baik kepadanya dan membenci orang yang berbuat jahat kepadanya.

Penyebab ketiga lahirnya cinta adalah sesuatu itu sendiri. Seperti cinta kita kepada sesuatu yang indah dan cantik, sesuatu yang enak dipandang dan menyejukan hati. Setiap  yang indah pasti akan dicintai oleh orang yang tahu letak keindahannya. Cinta kepadanya muncul karena keindahan itu sendiri

“Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla itu Mahaindah dan mencintai keindahan.” (HR. Muslim)

Itulah beberapa penyebab lahirnya cinta yang dijabarkan oleh Imam Al-Ghazali. Bila semuanya terkumpul dalam hati seseorang, akan bertambah kecintaannya, dan berlipat juga rasa sukanya. ( Nasya Amarani – Politeknik Negeri Jakarta )

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *