APA sih Penyebab Bau Mulut?

30 Juni 2019 / 18:25 WIB Dibaca sebanyak: 195 kali Tulis komentar

Siapa yang tidak risih dengan bau mulut? Pasti semua orang hampir merasakan risih terhadap bau mulut sendiri atau bau mulut orang lain. Kebanyakan yang selalu merasa risih karena bau mulut sendiri atau orang lain adalah perempuan.

“Aduh! Kadang risih banget sama bau mulut orang, kalo lagi di ajak ngobrol.”

“Nggak tahan deh, sampai nutup hidung pakai masker.”

“Kalau Saya sih sepontan aja langsung tutup hidung pakai tangan, biar orang itu mingkem atau agak sedikit menjauh wajahnya dari Saya.”

Ungkapan ini sering dilontarkan oleh orang-orang yang mencium bau mulut orang lain. Lain halnya dengan yang merasa mulut sendiri itu bau.

(Suber Foto: Hairunnisa)

“Kadang Saya merasa risih sendiri  sampai-sampai ngomong sama anak sendiri pakai masker, karena takut dibilang ‘mulut mama bau’.” Inilah salah satu jawaban yang diberikan oleh narasumber.

Mungkin orang banyak bertanya-tanya, apa penyebab dari bau mulut itu sendiri, bisa karena kurang mengkomsumsi air putih atau hanya masalah kotoran di gigi. Ternyata bau mulut itu bisa berasal dari penyakit dalam atau bisa juga tidak.

(Sumber Foto: Hairunnisa)

“Terkadang banyak sekali orang yang mengatakan gigi saya kotor, belum sikat gigi itu yang membuat kita bau, sebenarnya pernyataan itu tidak salah, ada benarnya akan tetapi jika mau mulut itu teru menerus bisa saja ada masalah pada bagian dalam tubuh Anda.” Ujar dr. Usman Gumanti Sp. PD, salah satu dokter sepesialis penyakit dalam di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat.

“Contoh istri Saya, dulu selalu bau mulut karena curiga yang tinggi, akhirnya Saya suruh dia ke rumah sakit untuk memeriksa bagian dalam tubuhnya. Ternyata benar, istri saya terkena batu ginjal.” Tambahnya lagi.

Menurut dr. H.E. Kusdinar Achmad, MPH, salah satu dosen ahli gizi di Universitas Indonesia mengatakan, banyak sekali yang menjadi faktor penyebab bau mulut, salah satunya perut yang kosong, baginya tidak makan dalam waktu yang lama bisa mengurangi jumlah air liur di dalam mulut yang menyebabkan mulut kering dan lama-kelaman akan menjadi bau.

Dirinya juga menambahkan jika seseorang melakukan diet bisa menyebabkan bau mulut, karena kurangnya mengkomsumsi makan, seperti diet keto (diet mengurangi karbohirat untuk meningkatkan lemak),bau mulut yang dihasilkan hanya sementara.

Seperti yang di katakana oleh Adi D. Tilong di dalam bukunya yang berjudul Deteksi Gangguan Kesehatan dengan Lidah, Bau Napas, dan Urine mengatakan, perubahan yang abnormalitas antara urine, warna lidah, atau bau mulut Anda merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang salah terhadap tubuh Anda sendiri.

Maka dari itu sebnarnya bau muut bukan hanya dilihat dari gigi dan lain-lain tapi bisa juga dari apa yang kita konsumsi dan apa yang terjadi pada bagian dalam organ tubuh kita sendiri, seperti penyakit yang ada dalam tubuh kita.  (Penulis: Hairunnisa)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *