oleh

Anggota DPRD Kota Banjar, Jojo Juwarno Peduli Terhadap Petani

BANJAR,BBCom – Kepedulian anggota DPRD Kota Banjar, dari fraksi Gerindra Jojo Juwarno atau yang biasa di sapa Joni ini, punya keinginan untuk meningkatkan tarap ekonomi masyarakat khususnya para petani, itu bisa di lihat dari kesehariannya selain tugas dia tunjukan, sebagai Wakil rakyat dia mau melakukan pendampingan kepada para petani yang membutukan saran, masukan batuan melalui program khususnya di bidang pertanian.

Ketika di temui di tempat kediamannya, Kamis (4/4/2019), Jojo Juwarno mengatakan, dia sebagai wakil rakyat mengerti betul apa yang saat ini di butuhkan oleh masyarakat terutama para petani, makanya dia mempunyai program khusus dibidang pertanian terutama yang orientasinya lebih ke menyuburkan tanah melalui penanaman palawija.

“karena tanpa disadari menanam padi pun harus menguasai teknik dan ilmunya, apalagi tanah tersebut sudah terkontaminasi kimia, dan itu memerlukan formula untuk mengembalikan kesuburan tanah tersebut ”, ujarnya kepada BBCom.

Menurut Joni, saat ini para petani kurang memperhatikan dan menjaga kesuburan tanah, sehingga menimbulkan hama, saat ini setelah di cek ternyata tanah untuk kadar kesuburanyan kadarnya PH 5 sedangkan untuk kesuburan tanah idealnya PH nya ada di angkat 7 dimana batas aman untuk kesuburan tanah.

Lebih lanjut Jojo juga menjelaskan, setelah mencoba experimen melalui palawija dengan menanam bawang merah, 1 sampai 2 kali hasilnya pun berbeda serta perkembangan nya pun signifikan baik itu padi maupun yang lainnya.

“Untuk tanaman palawija kalau dibanding dengan padi terutama bawang merah walaupun memang biaya tinggi tetapi hasilnya pun tinggi”, ungkap Joni

Ia menegaskan, kemarin pun di mencoba menanam palawija 100 bata itu bisa menghasilkan 1,2 ton dengan biaya produksi sekitar hampir 8 juta, bahkan para petani pun bisa mendapatkan penghasilan separonya.

“Walau biyaya produksi lumayan tinggi tapi kan hasil nya, para petani bisa menghasilkan separonya,secara tidak langsung ekonomi mereka pun terbantu.”Pungkas Nya. (Johan)

Komentar