oleh

Agam Gumay: Sekitar 5312 Desa Di Jabar Berpotensi Menjadi Desa Wisata

BANDUNG | BBCOM | Daerah Provinsi Jawa Barat yang dikenal dengan keramahan penduduknya juga keindahan alam pedesaan yang sejuk, banyak menarik perhatian berbagai wisatawan nasional maupun internasional. Jika dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia, provinsi ini tidak kalah jau, tinggal bagaimana mengolah dan menatanya saja, agar dapat menjadi wisata maupun wisata alam pedesaan yang mempunyai daya tarik tertersendiri.

Menurut anggota Komisi I DPRD Jabar H. Mirza Agam Gumay, SM.Hk, potensi ini harus terus digali disetiap desa yang memiliki keindahan alam, untuk dapat dikembangkan menjadi desa wisata sehingga perekonomian masyarakat desa dapat meningkat, karena jumlah desa di Jabar ada sekitar 5312 desa, dan sudah ada ratusan menjadi desa wisata.

“Kita terus mendorong pemerintah provinsi Jabar baik melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) maupun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) untuk terus mengembangkan desa-desa di Jabar menjadi desa wisata” Ujar H. Mirza Agam Gumay,SM.Hk saat dimintai komentarnya tentang perkembangan desa di Jabar. (11/10/2021)

Agam mengatakan, ada beberapa desa di Jabar yang telah dikembangkan menjadi desa wisata dan budaya, diantaranya jenis desa wisata alam, desa wisata pertanian serta desa wisata pantai. Masing-masing desa yang dikembangkan menjadi desa wisata memiliki ciri khas dan unggulan tersendiri, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Desa Wisata Wangunjaya Kecamatan Cugenang, Cianjur. (dok/istimewa)

Agam mencontohkan, desa wisata MAI Kabupaten Cianjur yang memiliki konsep wisata alam dipadukan dengan edukasi pertanian sehingga memberikan kesan yang luar biasa bagi para pengunjung dan desa Mangunjaya Kabupatem Cianjur memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Di tengah pandemi sejumlah destinasi wisata baru bermunculan di wilayah utara dan kota Cianjur, seperti taman bunga matahari dan kampung lukis di Kecamatan Ciranjang, yang menarik wisatawan lokal untuk berkunjung.

“Ini kreatifitas warga desa yang dapat menarik minat wisatawan lokal untuk datang menikmati suasana pedesaan dengan berbagai keindahannya, sehingga hal tersebut akan sangat kami dukung dalam mengembangkan destinasi wisata,” kata legislator partai Gerindra dari dapil Jabar 4 ( Kab.Cianjur) ini. (adikarya/dd)

Komentar