oleh

Agam Gumay Sebut Kualitas Produk Susu Samesta Membaik Berkat Bantuan Pemda

D.I.Y | BBCOM | Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan Studi Komparasi ke Koperasi Sapi Merapi Sejahtera (Samesta).

Studi ini didampingi oleh Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat terkait dengan Perkembangan Peternakan yg dilaksanakan di Aula Koperasi Sapi Merapi Sejahtera. Rabu, (08/06/22).

H. Mirza Agam Gumay, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mengatakan, Koperasi Semesta ini merupakan tindak lanjut dari Program Proyek Merapi Pascaerupsi 2010 yang menghasilkan sekitar 30 persen dari produksi susu sapi segar DIY.

“Koperasi Semesta lahir pascaerupsi 2010, yang diinisiasi oleh Pemprov DIY dan Pemkab Sleman” ujar Agam Gumay.

Dok : Puja / Humas DPRD Jabar

Politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini melanjutkan, Koperasi Samesta juga mengadakan wisata edukasi peternakan, Yaitu Peternak yang tergabung dalam Koperasi Samesta atau Sapi Merapi Sejahtera. Pengunjung dapat melakukan aktifitas sebagai peternak, seperti memanen rumput, memberi makan sapi, memerah susu, dan mengolah susu.

Dikatakannya, dibandingkan sebelum erupsi, kualitas produksi susu saat ini di koperasinya semakin baik karena ada bantuan dari industri, pemerintah daerah, serta akademisi. Pemerahan susu pun sudah dilakukan dengan menggunakan mesin.

“Di samping itu, para peternak menjaga kualitas susu yang dihasilkan, mulai pemilihan bibit sapi unggul, penggunaan pakan berkualitas, kebersihan kandang yang selalu dipelihara, hingga perlakuan sapi dengan baik agar tidak stress”, pungkas Mirza Agam Gumay Dapil IV Kabupaten Cianjur ini mengakhiri.

Komentar