oleh

Agam Gumay : Kesiapan Desa, Salah Satu Faktor Penting Dalam Perkembangan BUMDes

BANDUNG | BBCOM | Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Ciburial, Kabupaten Bandung banyak mendapat pujian dari berbagai kalangan baik dari Jawa Barat maupu dari daerah Propinsi luar Jabar, karena selain sudah memiliki usaha unggulan. Yakni pengelolaan air bersih dan akses pembayaran secara online, juga dapat dijadikan percontohan BUMDes lainnya.

Anggota Komisi I DPRD Jabar H. Mirza Agam Gumay, SM.Hk mengapresiasi apa yang telah dicapai BUMDes Ciburial tersebut yang menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Barat dalam bidang usaha, guna meningkatkan pendapatan desa dan perekonomian masyarakat pasca pandemi.

Dikatakan Agam —sapaan—Mirza Agam Gumay saat dihubungi melalui telepon selulernya, dengan adanya desa wisata, penyediaan barang alat tulis kantor dan penyewaan gedung serbaguna dan komoditas lainnya seperti agribisnis, berpotensi menggeliatkan ekonomi dan pendapatan desa.

“Kami Komisi I memiliki semangat bahwa BUMDes menjadi instrumen daya jungkit ekonomi, sebagai stimulus bagi masyarakat akibat pandemi Covid-19,” ujarnya. (14/10/2021)

Selain itu menurut politisi partai Gerindra ini menambahkan, kesiapan desa merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan BUMDes. Dia meminta kepada pemerintah desa untuk terus bersenergi dan hadir sebagai pendukung utama dalam meningkatkan pembangunan.

“Mulai dari pengorganisasian, manajemen, media promosi, hingga akses perbankan milik pemerintah daerah yang selalu mendukung, dengan memberikan kredit khusus bagi pengembangan BUMDes” tuturnya. (adikarya/dd)

Komentar