8 Makanan untuk Menjenguk Orang Sakit Sebagai Buah Tangan

28 Agustus 2020 / 14:21 WIB Dibaca sebanyak: 1998 kali Tulis komentar
Bagikan

Ada keluarga, teman, atau kerabat yang sedang sakit? Tentu kita tidak menginginkan kondisi kemerosotan kesehatan itu terjadi pada orang-orang yang kita kasihi. Pasalnya, saat jatuh sakit, tidak hanya tubuh yang sedang melemah, tapi juga mental yang butuh diberi perhatian lebih. Bentuk perhatian tersebut bisa kita tunjukkan dengan cara merawat atau menjenguk mereka. Terlebih bagi sebagian orang, menjenguk orang yang sakit merupakan suatu hal yang selalu dilakukan sebagai bentuk kepedulian. Saat menjenguk, kita bisa membawa buah tangan yang tidak hanya bermanfaat untuk membantu pemulihan tubuh, tapi juga menumbuhkan rasa bahagia. Akan tetapi, orang sakit kerap kali kehilangan selera untuk melakukan segala hal, termasuk selera makan. Oleh karena itu, kita juga harus pandai menyesuaikan buah tangan yang dibawa. Masih bingung mau membawa apa? Tenang, 8 ide makanan untuk menjenguk orang sakit berikut ini bisa kamu intip sebagai pilihan.

1. Buah-buahan

Salah satu jenis makanan untuk dibawa saat menjenguk orang sakit adalah buah-buahan. Buah-buahan memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang cocok untuk membantu pemulihan tubuh. Kamu bisa memilih buah-buahan yang kaya akan antioksidan untuk meningkatkan imunitas, seperti stroberi, raspberry, cranberry, anggur, persik, ceri, pir, jambu, jeruk, mangga, aprikot, semangka, dan pepaya. Namun, kamu juga perlu menyesuaikan buah pilihanmu dengan pantangan sakit orang tersebut. Misalnya, bagi penderita diabetes, hindari buah dengan kandungan gula atau indeks glikemik yang tinggi. Sebagai alternatif, pilihlah apel, alpukat, pisang, kiwi, atau plum dengan indeks glikemik yang rendah.

2. Puding atau agar-agar

Puding dan agar-agar memiliki tekstur yang lembut dan mudah ditelan sehingga cocok kamu bawa sebagai makanan untuk menjenguk orang sakit. Jenis makanan ini umumnya juga terbuat dari kandungan rumput laut yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain bisa membelinya, kamu juga bisa membuat sendiri karena prosesnya yang mudah dan praktis. Pilihlah agar-agar cokelat atau puding buah yang menyehatkan.

BACA JUGA  Pasar Tradisional

3. Roti

Selain memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, roti juga mengenyangkan. Kamu bisa memilih roti dengan isi atau topping yang menyehatkan agar lebih menggugah selera makan. Jika ingin membawa roti yang lebih sehat, pilihlah roti berbahan dasar gandum yang kaya serat dan nutrisi. Kamu juga bisa membawakan roti polos dengan padanan selai sebagai olesan.4. Kue bolu

Kue bolu memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah ditelan dan dicerna tubuh. Varian rasa yang bisa kamu pilih pun beragam, seperti kue bolu cokelat, bolu pisang, hingga kue bolu keju dengan krim dan parutan keju tambahan di atasnya. Kue bolu juga mudah untuk ditemukan di toko kue dan roti manapun sehingga cocok untuk kamu beli sebagai makanan untuk menjenguk orang sakit.

5. Susu

Selain makanan, kamu juga bisa membawa susu sebagai buah tangan ketika menjenguk seseorang yang sedang sakit. Tak hanya kaya akan vitamin, susu juga dapat membuat asupan gizi tubuh bertambah dengan kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Namun, jika orang yang akan kamu jenguk intoleran terhadap laktosa atau tidak bisa minum susu sapi, kamu tetap bisa membawakan varian susu berbasis tumbuhan, seperti susu kedelai atau susu almond.

6. Bubur

Bubur memiliki tekstur lembut yang sangat cocok untuk dibawa sebagai makanan untuk menjenguk orang sakit. Selain mudah ditelan, beberapa penyakit yang dialami seseorang juga mewajibkannya untuk menghindari makanan bertekstur keras agar lebih mudah diolah tubuh dalam proses pencernaan. Pilihlah bubur tanpa kandungan MSG dan topping yang menyehatkan seperti suwiran daging ayam yang empuk atau ikan.

BACA JUGA  Parman, Penjual Mainan Tradisional di Era Gadget

7. Sup

Sup yang terbuat dari kaldu murni tentunya sangat menyehatkan, terlebih dengan tambahan potongan daging ayam atau sapi dan aneka sayur-mayur. Tak hanya lezat, sup juga nikmat untuk disantap karena kuahnya yang bisa menghangatkan tubuh. Selain pilihan sup bening, kamu juga bisa membawakan sup krim dengan jagung atau jamur sebagai opsi makanan untuk menjenguk orang sakit.

8. Cokelat

Tidak melulu perihal kesehatan tubuh, mental seseorang yang sakit juga perlu didukung demi mempercepat proses pemulihannya. Untuk itu, kamu bisa membawakan cokelat sebagai buah tangan karena senyawa kimia yang terkandung dalam cokelat bisa membuat perasaan seseorang lebih bahagia. Asam amino pada cokelat akan digunakan oleh otak untuk memproduksi serotonin yang mampu menghasilkan perasaan bahagia. Supaya opsinya lebih sehat, pilih cokelat dengan kadar gula yang tidak terlalu tinggi atau cokelat dengan campuran biji-bijian, kacang-kacangan, atau buah kering.

Nah, kini kamu tidak perlu lagi bingung dalam memilih buah tangan yang tepat sebelum berkunjung. Sebab, 8 ide makanan untuk menjenguk orang sakit ini bisa kamu jadikan referensi, baik bagi seseorang yang dirawat di rumah maupun dirawat inap di rumah sakit. Bentuk perhatian bagi orang terkasih juga bisa kamu berikan dengan perlindungan kesehatan berupa asuransi rawat inap di Qoala. Sebab, dengan memiliki asuransi rawat inap, kita semua akan terjamin dari segala kebutuhan obat-obatan, fasilitas ruang rawat inap terbaik, hingga keamanan tabungan demi kondisi keuangan yang terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *