oleh

4 Tips yang Wajib Anda Coba Saat Berpergian Menggunakan Pesawat

BBCOM | Bepergian naik pesawat terbang memanglah menyenangkan. Saat ini, ada banyak maskapai yang bisa Anda pilih, mulai dari domestik hingga internasional. Kini, Anda bisa memilih Lion Air sebagai maskapai penerbangan Anda dan cek harga tiket Lion Air di sini. Maskapai Lion Air menjadi salah satu pilihan maskapai penerbangan favorit karena harga tiketnya yang lebih murah dibanding maskapai lainnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips yang mungkin wajib Anda coba ketika menggunakan moda transportasi pesawat saat berpergian.

Kemas Barang dengan Ringkas

Dalam pesawat, Anda memiliki hak untuk menyimpan barang-barang Anda di bagasi pesawat. Akan tetapi, tentunya jika Anda menggunakan bagasi pesawat untuk menyimpan tas atau koper, Anda harus mengantre untuk pengambilan koper/tas ketika sampai di bandara tujuan. Namun, jika Anda malas mengantre atau memang tidak membawa banyak barang, Anda bisa menyimpannya di kabin pesawat saja.

Biasanya, bagasi pesawat diperuntukkan untuk orang-orang yang memiliki muatan lebih dari 5 kilogram. Apabila Anda hanya membawa barang sedikit, Anda bisa meringkas barang-barang Anda ke dalam tas agar bisa masuk ke dalam kabin penyimpanan tas di pesawat. Hindari membawa barang-barang tajam dan berbahaya, selain itu sebaiknya tidak membawa cairan/liquid yang melebihi dari 100 mL. Apabila terdeteksi, maka Anda bisa diminta untuk mengeluarkan cairan tersebut.

Bawalah barang-barang seminimal mungkin namun tetap dapat mencukupi kebutuhan Anda. Jangan sampai membawa barang-barang yang tidak penting atau yang sekiranya tidak akan terpakai. Hal ini akan merepotkan Anda sendiri dan hanya akan memberatkan beban Anda ketika membawa tas.

Apabila ada barang yang disita, atau tidak boleh dibawa di dalam tas, Anda jangan khawatir. Anda bisa membeli beberapa keperluan Anda di sejumlah minimarket yang ada di bandara. Walaupun harganya sedikit mahal, tetapi setidaknya bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Sesuaikan Outfit

Sebelum berangkat, sebaiknya Anda perhatikan outfit yang akan digunakan ketika akan naik pesawat terbang. Pilihlah pakaian yang nyaman dan sopan ketika akan naik pesawat terbang. Jangan lupa untuk membawa jaket karena di dalam pesawat ruangannya akan full air conditioner.

Sebaiknya jangan gunakan celana yang terlalu pendek atau ketat. Untuk alas kaki, gunakan sepatu yang tertutup seperti sneakers. Karena, dengan menggunakan sneakers, akan mempermudah Anda untuk melepas pasang sepatu. Ada sejumlah bandara juga yang mengharuskan penumpang untuk melepas sepatu.

Boarding Room

Apabila telah melewati keamanan, imigrasi, dan lain sebagainya, pastikan kamu langsung menuju ke ruang tunggu (gate) tempat penerbangan. Seringkali tempat menunggu pesawat itu berubah-ubah, jika bandaranya besar, Anda akan kerepotan mengejar posisi pesawat berada.

Carilah tempat tunggu yang nyaman dan agak sepi. Di sana, sambil menunggu keberangkatan, Anda bisa sambil membuka laptop dan melanjutkan pekerjaan Anda jika ada. Anda bisa menelpon sanak saudara dan keluarga Anda di rumah terlebih dahulu.

Tetapi, tetap Anda sesekali harus memperhatikan jam keberangkatan. Jika sampai jam keberangkatan belum juga ada panggilan untuk segera masuk ke dalam pesawat, sebaiknya Anda bisa tanyakan ke petugas setempat mengenai jadwal penerbangan Anda.

Karena, seringkali sejumlah maskapai mengalami delay yang menyebabkan penumpang jadi terlantar. Pesawat yang delay bisa disebabkan dari berbagai hal, tentunya ini adalah hal yang menyebalkan bagi para penumpang. Apalagi jika harus menunggu sampai berjam-jam tanpa kepastian, sangat merugikan penumpang.

Di Dalam Pesawat

Nomor kursi ditentukan oleh maskapai penerbangan ketika melakukan pemesanan, namun Anda bisa request lokasi tempat duduk yang diinginkan. Apabila ingin duduk nyaman dan terhindar dari adanya goncangan turbulensi, pastikan Anda memilih kursi yang dekat dengan sayap pesawat.

Jika Anda terbang dengan biaya airlines, disarankan untuk Anda agar mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan tempat duduk yang nyaman. Apalagi perjalanan jauh mengharuskan Anda duduk terus sepanjang perjalanan, jadi jangan ragu untuk memilih tempat duduk yang nyaman selama di perjalanan dalam pesawat terbang.

Selain itu, selama di pesawat, Anda bisa melakukan banyak hal untuk mengisi kekosongan selama perjalanan. Waktu yang panjang tentunya akan membosankan jika Anda tidak melakukan apapun. Walaupun melihat pemandangan ke luar jendela memang menyenangkan, tetapi Anda perlu melakukan kegiatan lain.

Anda bisa saling bercengkerama dengan penumpang lain yang duduk di kursi sebelah Anda. Anda bisa saling bertukar informasi dan mendapat informasi baru. Atau, Anda bisa mengisi waktu dengan membaca buku, mendengarkan musik, menonton film atau menonton video melalui fasilitas layar LCD.

Layar LCD untuk menonton video dan mendengarkan musik bisa Anda gunakan di depan kursi Anda. Cobalah meminta kru kabin untuk membantu Anda agar bisa mengetahui cara menggunakannya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati hiburan-hiburan yang diberikan di dalam pesawat.

Anda bisa membeli tiket pesawat melalui aplikasi Traveloka Lifestyle SuperApp dengan mudah. Di Traveloka, Anda bisa menemukan berbagai maskapai penerbangan termasuk Lion Air dan harga yang bervariasi. Selain itu, Anda bisa mendapatkan banyak promo dan penawaran menarik yang bisa Anda gunakan. (*)

Komentar