4 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Jerawatan, Loh!

28 Juni 2019 / 17:27 WIB Dibaca sebanyak: 502 kali 1 Komentar

Memiliki wajah mulus dan bebas jerawat adalah impian banyak orang, terutama kaum wanita. Tidak sedikit dari mereka rela menghabiskan banyak.uang untuk perawatan demi mendapat wajah yang mulus. Namun, bagaimana jika anda tidak memiliki cukup banyak uang?

Hal yang kerap menjadi masalah dalam mendapatkan kulit mulus adalah timbulnya jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Penyebabnya pun beragam mulai dari faktor hormonal, stres kebersihan, dan minyak berlebih.

Menurut dr.Sarah, Sp.Kk dari klinik ZAP Cibubur, jerawat tidak hanya mucul karena hormon atau kebersihan kulit saja. Namun bisa juga karena kurang memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. “Kalau bisa hindari makanan berlemak dan makanan yang bersifat merangsang produksi minyak seperti cokelat, kacang, dan makanan pedas. Sebab jika kita sering mengonsumsi makanan-makanan tersebut, bisa menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih, dan minyak tersebut tidak dapat keluar sehingga terjadilah penyumbatan minyak dan timbullah jerawat”, tuturnya.

dr..Sarah menambahkan, jika makanan manis juga merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Menurutnya makanan manis dapat merangsang reaksi radang pada kulit. “Bagi yang sedang berjerawat, sebaiknya hindari makanan manis terutama yang mengandung susu. Seperti es krim, dan produk olahan susu lainnya. Hindari dulu untuk sementara waktu”, ujarnya.

Berdasarkan pengalaman Winda Dwiyanti, salah satu Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta, menuturkan kebiasaan buruknya yang sering mengonsumsi makanan ledas hingga membuat kulitnya mudah berjerawat. “Aku mulai berjerawat itu sejak kelas 3 SMP, tapi masa paling parah itu waktu aku kelas 2 SMA. Aku suka banget makan gorengan, apalagi makanan pedes. Duh, gabisa nolak banget sama yang pedes-pedes gitu”, tuturnya.

Banyak upaya yang telah dilakukan Winda untuk menghilangkan jerawat di wajahnya itu.

“Aku rutin untuk membersihkan wajah, terus aku pakein jeruk nipis juga. Selain itu, aku juga pelan-pelan menjaga makanan aku. Kaya yang biasanya aku suka makan gorengan, atau aku suka ngasih banyak sambel di makanan aku, semuanya aku kurangin. Aku ga pernah perawatan di klinik-klinik gitu. Jadi sebisa mungkin aku jaga makanan sama teratur bersihin muka. Alhamdulillah, sampe sekarang aku rutinin jerawat aku pelan-pelan mebaik, sekarang tinggal bekas-bekasnya aja deh”, ceritanya.

Dari pernyataan-pernyataan di atas, setidaknya ada 4 makanan yang menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat, yaitu coklat, kacang, makanan pedas, dan susu serta olahannya. Jika ingin terhindar dari jerawat tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, mulailah mengontrol asupan makanan anda sehari-hari. (Amanda Fanny Ghasyiyah)

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *