Sebanyak 90 Persen Siswa SMK di Jabar Ikuti UNBK

BANDUNG BB.Com-Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyatakan sebanyak 233.897 siswa dari 1.941 sekolah, atau 90 persen siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat, mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan sisanya masih melaksanakan Ujuan Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

“Alhamdulillah UNBK untuk tingkat SMK di Jawa Barat sudah mencapai 90 persen. Ada Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang contohnya yang sudah 100 persen, mudah-mudahan tahun berikutnya bisa 100 persen seluruhnya,” ungkap Gubernur Aher, disela tinjauannya ke beberapa SMK di Kota Bandung meninjau berlangsungnya UNBK, Senin (03/04/2017) pagi.

Adapun SMK yang Aher kunjungi diantaranya SMK 1 Wastukencana Bandung, dan SMK 2 Ciliwung Bandung.

Aher menuturkan permasalahan yang ditemui pada penyelenggaraan UNBK, adalah kesiapan, atau kemampuan sekolah baik dari segi SDM ataupun peralatan IT yang belum mumpuni, khususnya bagi sekolah-sekolah di daerah pelosok. Namun secara keseluruhan, angka 90 persen menunjukkan majunya kesiapan, dan tersedianya fasilitas pendidikan yang baik di Jawa Barat.

“Kan bisa kita bayangkan kalau di pelosok-pelosok ada sekolah yang masih perlu persiapan IT nya dengan lebih baik. Sehingga kita harap tahun berikutnya bisa seluruhnya UNBK,” ujar Aher.

Adapun jadwal Ujian Nasional 2017 diantaranya untuk UNBK tingkat SMK dilaksanakan Senin-Kamis, 3-6 April 2017 (satu mata ujian/hari, tiga sesi). SMA/MA dilaksanakan Senin-Kamis, 10-13 April 2017 (satu mata ujian/hari, tiga sesi). Lalu ujian susulan SMK dan SMA/MA akan dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 18-19 April 2017 (dua mata ujian/hari, masing-masing satu sesi. SMK dan SMA dapat bersamaan di satu tempat pelaksanaan).

Kemudian untuk SMP/MTs Tahap 1 akan dilaksanakan Selasa-Kamis dan Senin, 2-4 dan 8 Mei 2017 (satu mata ujian/hari, tiga sesi). Lalu untuk SMP/MTs Tahap 2 akan dilaksanakan Selasa-Rabu dan Senin-Selasa, 9-10 dan 15-16 Mei 2017 (satu mata ujian/hari, tiga sesi. Hanya untuk SMP/MTs UNBK yang pelaksanaannya menggunakan fasilitas sekolah lain).

Setiap SMP/MTs hanya dapat mengikuti satu tahap saja, tidak boleh sebagian siswa ikut tahap 1, sebagian ikut di tahap 2. Adapun ujian susulan SMP/MTs dijadwalkan pada hari Senin-Selasa, 22-23 Mei 2017 (dua mata ujian/hari, masing-masing satu sesi. Susulan digabung antara peserta tahap 1 dan tahap 2).

Sementara jadwal UNKP (jika ada) untuk SMA/MA dan SMK dilaksanakan bersamaan dengan UNBK. Sedangkan untuk SMP/MTs dilaksanakan bersamaan dengan UNBK tahap 1.


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *