oleh

Pemkab OKI Raih Predikat Baik Evaluasi Sakip 2021

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir berhasil menggeber performa Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dari predikat CC pada tahun sebelumnya menjadi B berdasarkan hasil evaluasi SAKIP 2021. SAKIP Pemkab OKI mengalami peningkatan nilai yang cukup signifikan dari 57,54 pada tahun 2020 meningkat menjadi 60,04 di tahun 2021.

Atas capaian tahun ini Bupati OKI, H. Iskandar, SE diganjar penghargaan Sakip 2021 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang diterima Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, H.M. Dja’far Shodiq di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta. Selasa (05/04/2021).

“Penyerahan hasil evaluasi yang bernama SAKIP & RB AWARD 2021 dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya,” ujar Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto di Jakarta. 

Dijelaskannya evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) digunakan untuk mengetahui apakah kementerian/lembaga/pemerintah daerah mampu melakukan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan anggaran. 

“SAKIP itu tentang perencanaan yang baik, bagaimana menyusun sasaran kinerjanya, bagaimana merencanakan program kegiatannya, kemudian bagaimana penggunaan anggarannya. Jadi memang keseluruhan sistem,” terang Erwan.

Capaian yang diraih Kabupaten OKI menurut Wakil Bupati OKI, H.M. Dja’far Shodiq merupakan upaya untuk menilai tingkat akuntabilitas/pertanggungjawaban atas hasil (outcome) penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil. 

“Rapor SAKIP yang diberikan oleh Kementerian PANRB tidak hanya menitik beratkan pada nilai yang diberikan, namun yang terpenting adalah bagaimana kemampuan kita sebagai instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran dan dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat”, terang Wabup OKI, setelah menerima hasil SAKIP 2021. 

Wabup Shodiq mengatakan bahwa Rapor SAKIP ini menjadi tool untuk  mengukur kualitas pelayanan publik yang dilakukan pemerintah daerah.

“Terima kasih atas kinerja seluruh elemen pemerintahan. Hal ini menunjukkan akuntabilitas kinerja Pemkab Ogan Komering Ilir semakin baik dan terus meningkat setiap tahunnya”, ujar Shodiq.

Penghargaan ini ujar Shodiq akan makin mendorong Pemkab OKI untuk memberi layanan publik. 

“Jangan cepat puas, jadikan capaian baik ini sebagai motivasi yang dibuktikan dengan kinerja nyata dan karya bermanfaat lainnya,” tutup Shodiq. ( pani )