Pangdam III/Siliwangi Berkunjung Ke ITENAS Tinjau Pelatihan BIM

BANDUNG | BBCOM | Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., berkunjung ke Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung meninjau pelatihan Building Information Modeling (BIM) Kodam III/Siliwangi di Kampus ITENAS Jl. PHH Mustofa No. 23 Neglasari Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Rabu (24/05/2023).

Kehadiran Pangdam disambut oleh Rektor ITENAS Prof. Meilinda Nurbanasari, S.T., M.T., Ph.D., beserta jajarannya di gedung Rektorat Sabamandala R. Mansoer Wiratmadja.

Di Kampus tersebut, dilakukan pelatihan BIM terhadap 30 orang prajurit Kodam III/Slw, yang terdiri dari Mazidam III/Slw 10 orang, Denzibang 1/Bandung 3 orang, Denzibang 2/Bogor 7 orang, Denzibang 3/Cirebon 6 orang, Yonzipur 3/YW 2 orang, Yonzipur 9/LLB 1 orang dan Paldam III/Slw 1 orang. Pelatihan dilaksanakan sejak Selasa (23/05) hingga Jum’at (26/05) mendatang.

“Pelatihan BIM untuk mempertajam kemampuan prajurit dalam Architecture Engineering and Construction (AEC) sehingga prajurit memahami berbagai aplikasi terkini yang lagi trending. Semuanya untuk mendukung tugas pokok Satuan,” jelas Pangdam.

Pada kesempatan itu Kazidam III/Slw Kolonel Czi Rielman N. Yudha Trianandha saat mendampingi Pangdam menyampaikan pada PP No 16 Tahun 2021 tentang Bangunan Gedung bahwa metode pelaksanaan konstruksi bangunan dengan padat teknologi wajib menggunakan BIM paling sedikit sampai dimensi kelima. Sedangkan padat modal wajib menggunakan BIM sampai dimensi kedelapan, sementara pelatihan kepada personel Kodam III/Slw pada pengambilan bangunan sampai dimensi ketiga.

“Pelatihan BIM yang diselenggarakan kepada prajurit Kodam III/Slw di proyeksikan agar kedepannya dapat menyesuaikan dengan teknologi rancang bangun yang digunakan saat ini sehingga dalam memodelkan sebuah bangunan atau infrastruktur dapat mendeteksi secara detail hubungan antar elemen dalam sistem bangunan yang dapat ditampilkan dalam bentuk dimensi ketiga serta mengkalkulasikan volume pekerjaan,” tutur Kazidam.

Para prajurit yang ikut pelatihan BIM sangat serius dan bersungguh-sungguh dalam mengikutinya. Harapannya kedepan dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diterima selama pelatihan untuk mendukung tugas satuan.

Usai peninjauan, dilakukan penukaran cinderamata Pangdam III/Slw dengan Rektor ITENAS dilanjutkan meninjau beberapa fasilitas kampus diantaranya laboratorium arsitektur digital, ruangan pencahayaan buatan, ruangan langit buatan, ruangan heliodon (ruangan fisika bangunan) serta laboratorium perancangan kendaraan listrik.

“Terima kasih atas kunjungan Pangdam III/Slw ke ITENAS serta kesediaannya untuk meninjau produk kampus diantaranya mobil listrik dan motor listrik,” ujar Rektor.

Turut hadir mendampingi Pangdam III/Slw dari Kodam III/Slw diantaranya Asintel, Aspers Kasdam, Kapaldam, Kazidam, Katopdam III/Slw dan Dandim 0618/Kota Bandung. Sedangkan, yang mendampingi Rektor Itenas dari Pihak Kampus, diantaranya Wakil Rektor I Bid Akademik, Wakil Rektor II Bid Administrasi dan Keuangan, Wakil Rektor III Bid Perencanaan, Inovasi dan Kerjasama, Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain, Ka Prodi Arsitektur. (ud/Pendam III/Siliwangi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *