Meningkatkan Kualitas Hidup dengan Yoga

28 Juni 2019 / 08:47 WIB Dibaca sebanyak: 117 kali Tulis komentar

Apakah kamu suka berolahraga? Jika kamu senang berolahraga itu bagus, namun jika tidak suka, kamu harus tetap melakukannya karena olahraga sangat penting untuk tubuh kita. Mengutip dari laman www.kemkes.go.id kita dianjurkan untuk meluangkan waktu selama 30 menit sehari untuk berolahraga. Kita perlu melakukan olahraga untuk meningkatkan kualitas hidup baik itu secara fisik, psikologis, maupun spiritual.

Ada banyak sekali jenis-jenis olahraga. Salah satu yang akan dibahas di sini adalah yoga. Apa yang kamu ketahui tentang yoga? Dilansir dari Jurnal yang berjudul Pengaruh Yoga Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup, yoga adalah sistem kesehatan yang memiliki proses untuk menyatukan tubuh, pikiran-perasaan dan aspek spiritual dalam tubuh manusia.

Salah satu pencinta yoga adalah Nada. Ia berlatih yoga biasanya setiap hari jika tidak sempat, setidaknya ia harus berlatih satu kali dalam seminggu. Nada biasa berlatih yoga di kamar dengan melihat video-video yang ada di youtube. Ia sangat senang berlatih yoga karena menurutnya gerakan yoga bukan sejenis gerakan olahraga berat seperti lari yang akan membuat napasnya terengah-engah. “Kita hanya perlu membuat tubuh kita nyaman dan fleksibel.” jelasnya. Sebelum berlatih yoga, ia sempat membaca artikel yang menyatakan bahwa melakukan yoga dapat melancarkan sirlukasi darah. Berdasarkan buku Panduan  Lengkap Yoga untuk Hidup Sehat dan Seimbang karya Pujiastuti Sindhu, yoga memang bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan otak.

“Aduh. Tugas banyak banget sih,” kata Nada yang mulai putus asa karena tugas kuliahnya tidak kunjung selesai. Ia menambahkan, biasanya kalau sedang stres dengan tugas kuliah atau masalah lainnya, ia langsung latihan yoga pada malam harinya. “Alhamdulillah habis selesai yoga rasanya jadi lebih rileks dan nyaman,” ucap syukur Nada. Masih mengutip buku Panduan Lengkap Yoga untuk Hidup Sehat dan Seimbang, selain memperlancar sirkulasi darah, yoga juga dapat mengurangi ketegangan tubuh, pikiran, mental dan juga juga menghilangkan stres.  

Dalam Jurnal yang berjudul Pengaruh Yoga Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup juga dituliskan bahwa latihan yoga dpat meningkatkan kerja dari sistem tubuh, yaitu sistem syaraf dan seluruh tubuh. Hal tersebut berpengaruh pada aspek psikologis dan aspek spiritual.

Selama melakukan yoga, Nada mengaku berat badannya menurun 2-3 kilo selama satu bulan. Banyak sekali bukan manfaat melakukan yoga? Apakah kamu tertarik untuk melakukannya? Apapun olahraganya tak masalah, yang paling penting adalah  kita harus meluangkan waktu untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehari.

Penulis : Ririn Rinawati Agustin, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *