Menciptakan Persatuan dan Kesatuan Masyarakat Peran Strategis Fungsi Bakesbangpol KBB

Oleh : Tedy Guswana (redaksi Bandung Berita)

Saat ini, kondisi di wilayah Kabupaten Bandung Barat relatif aman dan kondusif sehingga bisa menjadi modal untuk terus memupuk kekompakan dan kebersamaan dalam konteks pembangunan wilayah KBB sebagaimana yang terkandung didalam tagline Bandung Barat Berkah : Bangkit Bergerak Berjuang Bersama. Hal  ini tentu hanya bisa dicapai jika keamanan dan kondusifitas KBB tetap terpelihara dan terjaga melalui sinergitas disemua lini kemasyarakatan yang kemudian bisa mewujudkan kesatuan dan persatuan masyarakat KBB untuk secara bersama sama menopang jalannya pembangunan yang tengah dan akan terus dijalankan.

​Berbicara soal kesatuan dan persatuan masyarakat di wilayah KBB, maka peran salah satu OPD KBB yang dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik KBB dituntut untuk terus mengembangkan strategi strategi agar kesatuan dan persatuan masyarakat KBB bisa lebih terjalin secara erat.

​Memang tidak bisa dipungkiri beberapa waktu lalu pernah terjadi letupan letupan kecil di wilayah KBB yang bernuansa agama. Tetapi berkat peran Bakesbangpol KBB, letupan kecil itu berhasil diredam sehingga kondusifitas wilayah KBB tetap terjaga. Pada kondisi inilah maka peran Bakesbangpol KBB patut mendapat dukungan agar peranannya didalam menjaga kesatuan dan persatuan masyarakat KBB bisa terjalankan secara atrategis.

​Selama ini, berbagai upaya yang dilakukan Bakesbangpol KBB dalam mensinergikan elemen elemen masyarakat KBB terus dilakukan. Bakesbangpol KBB terus melakukan Berbagai pendekatan dan pembinaan terhadap Kelompok kelompok masyarakat, baik yang berorientasi politis,  keagamaan, kemasyarakatan/sosial agar kelompokkelompok ini bisa dipersatukan dan menjadi potensi untuk menopang pembangunan wilayah KBB. Strategi pendekatandan pembinaan semacam ini tentu akan tetap menjadi tugas strategis dari Bakesbangpol KBB mengingat OPD ini menjadi salah satu leading sector didalam mewujudkan kesatuan dan persatuan masyarakat KBB.

​Dalam kaitan itu, salah satu upaya strategis Bakesbangpol KBB yang beberapa waktu dilaksanakan adalah sosialisasi perundang undangan kepada 100 Ormas (Organisasi Kemasyarakatan), OKP, dan LSM. Sosialisasi yang bertemakan “Melalui kegiatan sosialisasi Perundang Undangan organisasi kemasyarakatan kita tingkatkan peran serta ormas didalam mewujudkan pembangunan Bandung Barat yang berkah dan bekelanjutan” tentu diharapkan akan mempersatukan ormas, OKP dan LSM agar memahamai peran dan fungsinya dalam konteks pembangunan wilayah KBB.

​Seperti dikatakan oleh kepala Bakesbangpol KBB, Apung Hadiat Purwoko, M.Si, manakala Ormas, OKP dan LSM memahami peran dan fungsinya masing-masing tentunya bisa menjadi modal untuk terciptanya sinergitas dan kemitraan dengan pemerintah guna mewujudkankemaslahatan  masyarakat KBB.

​Apa yang dikatakan Kepala Bakesbangpol KBB itu, tentu menjadi pesan yang diharapkan bisa ditaati oleh Ormas, OKP dan LSM, sehingga eksistensi mereka bisa lebih nyata dan terasakan oleh masyarakat KBB dan juga bisa benar benar menjadi mitra strategis pemerintah daerah KBB.

​Terlebih pada kesempatan itu kepala Bakesbangpol juga menyinggung soal pemilu, maka hak demokratis kalangan ormas, OKP dan LSM patut dimanifestasikan secara ajeg dan bisa membantu menggerakkan hak demokratis masyarakat agar melaksanakan hak pilihnya sehingga partisipasi masyarakat KBB dalam pemilu 2024 bisa lebih meningkat.

​Dalam kaitan dengan pemilu, tampaknya harus diakui bahwa ormas, OKP dan LSM di wilayah KBB tentu tidak akan sama didalam mendukung parpol peserta pemilu. Mereka akan berbeda didalam berafiliasi dengan parpol peserta pemilu. Namun demikian hal ini tidak perlu terjadifriksi diantara mereka. 

Adalah hal yang wajar jika masing masing ormas, OKP dan LSM mendukung parpol yang berbeda. Namun hal ini tidak perlu menjadikan mereka terkotak kotak apalagi terjadi friksi. Didalam alam demokrasi sekarang ini sah sah saja jika Ormas, OKP dan LSM mendukung parpol yang berbeda. Namun Yang diharapkan dari mereka adalah justru  bisa lebih mempersatukan parpol peserta pemilu untuk secara bersama sama mewujudkan demokrasi yang sehat. 

Jika peran OKP, Ormas dan LSM benar benar bisa menjadi mitra pemerintah, maka diharapkan akan bisa mewujudkan kondusifitas wilayah KBB terlebih jelang pemilu 2024. Dengan demikian, maka harapan terwujudnya Bandung Barat Berkah dan Bandung Barat Sukses Tanpa Ekses benar benar bisa menjadi kondisi nyata. Semoga…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *