Kunker ke Kab. Sumedang, Mirza Agam Gumay Apresiasi IPAL di Desa Cilayung

BANDUNG | BBCOM | Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Sumedang dalam rangka meninjau Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik ( SPALD) Komunal yang berlokasi di Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Selasa (13/02/2024).

Anggota Komisi IV DPRD Jabar H. Mirza Agama Gumay saat melakukan kunker mengapresiasi  instalasi pengolahan air limbah (Ipal) komunal berdiri megah di Dusun Bojong Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

MCK tersebut merupakan salah satu MCK percontohan di Jawa Barat yang merupakan program dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Barat.

Menurut Politisi Parta Gerindra ini, dengan dibangunnya MCK IPAL Komunal Reinvented Toilet oleh Disperkim Provinsi Jawa Barat yang telah rampung 100 persen dan MCK komunal ini telah dilengkapi septic tank serta pengolahan limbah, sehingga sangat mudah perawatannya sehingga diharapka dapat melayani kebutuhan sanitasi warga.

Dengan dibangunnya MCK IPAL komunal reinvented toilet ini, masyarakat di Desa Cilayung dapat membudayakan hidup sehat dengan membuang kotoran dan mengelola limbah rumah tangga yang lebih bersih.

“Dengan memakai ipal komunal, maka pembuangan limbah nanti keluar dipastikan sudah bersih dan tidak berbau. Air yang keluar pun bersih,” ujar H. Mirza Agam Gumay dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Mirza Agam Gumay berharap bangunan yang dirancang dengan dilengkapi instalasi pengolahan air limbah (Ipal) komunal ini, kepada masyarakat agar dapat menjaga serta memelihara bangunan MCK dengan baik. Sehingga derajat kesehatan masyarakat betul-betul terjaga. (Adip/ded)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *