Komunitas Mural Akan Lukis Dinding Pepanjang 476 Meter

9 September 2016 / 23:27 WIB Dibaca sebanyak: 648 kali Tulis komentar

kumonitasBANDUNG BB.Com– Komunitas Mural Bandung akan berkreasi di dinding sepanjang 476 meter di Jalan Babakan Siliwangi. Dinding tersebut memanjang dari Teras Cikapundung hingga Cisitu.

Hal tersebut diungkapkan Arfi Rafnialdi saat melakukan audiensi dengan Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil beserta Komunitas Mural Bandung, di Ruang Rapat Pendopo Kota Bandung, Selasa (06/09/2016).

Pengerjaan mural akan dimulai pada hari Selasa, tanggal 13 September mendatang. Sebelumnya, pada hari Jumat dan Sabtu (8-9 September) akan dilakukan pembersihan dinding mural dan pengecatan warna dasar putih.

Pada pembuatan mural ini, desain akan dibagi menjadi 3 segmen atau tema. Tema pertama adalah Local Genius Bandung. Pada segmen ini, desain mural akan menampilkan sisi-sisi kearifan lokak Kota Bandung.

Segmen kedua adalah Bandung Futuristic. Tema ini mengangkat isu-isu masa depan Bandung. Segmen ketiga adalah Bandung sebagai Model Alam yang Lestari. Tema ini mengangkat isu lingkungan dan kelestarian alam Bandung.

Ketiga segmen ini, selain dibedakan oleh tema, juga diberi karakteristik warna yang berlainan. Namun, warna yang ditampilkan masih selaras dan tidak terlalu kontras, sesuai dengan arahan Wali Kota Bandung.

Wali Kota mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bagian dari media kreativitas warga.

“Bandung ini kanvas warga. Warga hanya perlu diberi ruang untuk berkreasi,” ucap Ridwan.

Ia pun menyarankan agar lukisan mural ini diperbanyak hadir di Kota Bandung. Tujuannya agar Bandung ini menjadi kota yang lebih berwarna. “Kita tinggal memberi ijin saja di lokasi-lokasi yang dianggap disukai,” imbuh Ridwan.

Pembuatan mural ini turut melibatkan komunitas-komunitas pecinta seni grafis di Kota Bandung. Komunitas-komunitas tersebut antara lain Kabuyutan Gegerkalong dan Bonbin, komunitas Ciburut Finest, Komunitas Supergunz, Komunitas Ayunda Mural, Komunitas Kariprak, Komuniyas Sandhi, Komunitas Santei, Komunitas Adias, Komunitas Kertas Bandung, Komunitas 3AO, Komunitas UPI 2016, Maulinda and Friends, Komunitas Bima, Unikom, Satria, Earth Love Life, dan Komunitas Cema and Friends. (Kasep)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *