oleh

Hajat Lembur Cai Cisondari Lestarikan Budaya Kearipan Lokal

CISONDARI I BBCOM I Untuk melestarikan budaya dan kearipan lokal Milangkala Hajat Lembur Cai Cisondari digelar didepan halaman kantor Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu kabupaten Bandung pada Minggu 14 Agustus 2022.

Menurut kades Cisondari Dudi Wiwaha, tujuan dilaksanakan acara tersebut, untuk melestarikan nilai nilai budaya sebagai kearipan lokal yang perlu diperkenalkan dan diketahui oleh anak muda, dengan harapan jangan sampai hajat lembur tersebut habis dimakan jaman.

Dikatakan Dudi Wiwaha, hajat lembur cai Cisondari selain bertujuan melestraikan budaya juga membangkitkan jiwa seni para warganya, bahkan di Desa Cisondari banyak terdapat bibit atlet yang perlu perhatian pihak pemerintah daerah.

“Hajat lembur cai Cisondari ini adalah rangkaian kebiasaan yang diperingati tiap 1 Muharam dan tahun ini diawali dengan pagelaran seni sebagai edukasi bagi masyarakat untuk terus melestarikan kearipan local” Ujarnya

Sementara Dudung selaku Camat Pasirjambu sangat mendukung kegiatan hajat Lembur cai Cisondari dilaksanakan,. Kegiatan tersebut sangat mengandung makna yang perlu diketahui oleh public, karena budaya Sunda tidak lepas dengan ajaran agama islam.

“Semoga apa yang dilaksanakan oleh Pemdes dapat membawa perubahan dan menjadikan desa Cisondari mendapat predikat Desa Wisata dan gudangnya seniman serta bibit atlet nasional bidang pencaksilat” papar Dudung.

Dalam acara kegiatan hajat lembur cai Cisondari menampilkan berbagai kesenian, diantaranya pencak silat ibing tunggal, demontrasi dan ibing rampak dari paguron Sugriwa Waliwis putih, Bajidoran dari putra daerah dan pagelaran Wayang Bobodoran dari Putra giri Loka.

Disparbud kabupaten Bandung, Kapolsek dan Koramil beserta Tokoh Agama,Tokoh masyarakat dan para pemuda Desa Cisondari, sampai RT dan RW ikut menyaksikan acara tersebut. (*RN)