GMBI Hidupkan Diskusi Seni Budaya Calung Se Kota Bandung

BANDUNG, BBCOM-Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonsia (LSM-GMBI) silaturahmi Diskusi Seni Budaya Calung se Kota Bandung yang diselenggaran selama dua hari 25-26 di Dago Tea House Jalan Bukit Dago Selatan No.53 A Bandung.

Tema yang diangkat, menjaga dan memelihara seni budaya agar negara tetap terjaga bagian dari bela negara.

Menurut kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Disdik Kota Bandung Abdul gaos kepada wartawan, seni budaya yang diselenggaran hari ini oleh LSM GMBI Kota Bandung sangat positif.

Karena kebudayaan tidak bisa dipisahkan dari rangkai dan proses pendidikan. Pendidikan melahirkan kebudayaan, dan budaya itu memperkuat pendidikan.

Rangkai kegiatan hari kita berikan apresiasi, karena tanggungjawab melestarikan budaya dan kesenian, apalagi ini seni lokal budaya sunda itu menjadi tanggungjawab kita bersama.

Dinas pendidikan kota bandung memang ada program bandung masagi salah satu sisinya adalah cinta budaya lokal budaya sunda.

Sementara menurut Ketua GMBI Distrik Kota Bandung Moch Mashur alias Abah, terselenggaranya acara ini berkat dukungan semua pihak terutama Ketua Umum GMBI Moh Fauzan Rachman.

Kegiatan ini terselenggara oleh karena ada rasa kepedulian kita terhadap seni budaya calung, keprihatinan kita terhadap seni budaya khususnya budaya calung ampir musna.

Kalau bahasanya masih terngiang, tetapi didalam pelaksanaanya melakukan seni dan budaya sudah terkontaminasi budaya luar.

Hal ini diakibatkan karena ke asykan sendiri sendiri sehingga masih ada kelompok calung. Hanya saja kelompok calung ini belum mempunyai polah pikir bagaimana mengembangkan dan melestarikan seni budaya calung

Tujuan kita terselenggaranya acara ini, untuk memotivasi kebudayan di Jawa Barat agar bersatu kembali kepada awalnya. karena kita lihat seni budaya di Jabar ini sudah terkotak kotak, dan sulit untuk bersatu lagi.

Budaya luar sudah mengkikis seni budaya sunda, sehingga sulit bagi kita untuk mempersatukan kembali seni budaya Sunda.

Sementara pandangan Ketua Umum DPP LSM GMBI Moh Fauzan Rachman menyambut baik kegiatan seni budaya Calung yang diselenggaran LSM GMBI Distrik Kota Bandung. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang menghidupkan kembali seni budaya Calung.

Karena didalam kebudayaan ada juga pendidikan bela negaranya.

Lanjut Fauzan, kedepan semua Distrik, wilter GMBI se Indonesia harus gebiyarkan budayanya masing masing, supaya kedepan seni budaya daerahnya tidak terkikis oleh budaya luar.pungkas fauzan (red/her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *