FPL Pasaman Barat Rayakan Bulan Bahasa 2022 Lewat Lomba Baca Puisi dan Bercerita Antar Pelajar

Suasana Lomba Baca Puisi dan Bercerita antar Pelajar se-Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2022. (Dok. Istimewa)

PASAMAN BARAT | BBCOM | Untuk merayakan Bulan Bahasa 2022 dan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasaman Barat) menggelar Lomba Baca Puisi dan Bercerita antar Pelajar se-Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2022. FPL Pasaman Barat merupakan sebuah komunitas yang bergerak di bidang implementasi dan advokasi literasi di Pasaman Barat. Mereka menggelar lomba tersebut pada Minggu, 30 Oktober 2022 di Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Ketua FPL Pasaman Barat Denni Meilizon saat memberi kata sambutannya di hadapan para peserta, guru pendamping, dan orang tua pelajar yang mengikuti lomba tersebut mengatakan 159 pelajar dari berbagai sekolah SD, SMP, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SMA, dan SMK se-Kabupaten Pasaman Barat mengikuti kegiatan lomba tersebut. Pelaksanaannya terkait dengan program FPL Pasaman Barat dalam pendampingan Gerakan Literasi Sekolah yang bertujuan untuk membumikan semarak literasi di dunia pendidikan Pasaman Barat. Secara resmi, Denni Meilizon membuka lomba tersebut.

Seperti dijelaskan oleh Denni Meilizon, Bulan Bahasa 2022 jadi momentum bagi FPL Pasaman Barat untuk makin mengenalkan gerakan gemar membaca di kalangan guru dan siswa. Literasi identik dengan aktivitas membaca. Penggiatan literasi di Pasaman Barat merupakan aktivitas yang sudah diprogram dengan baik oleh FPL Pasaman Barat.

“Tidak ada yang namanya coba-coba atau hanya sekadar mengikuti tren belaka. Biar saja pada akhir-akhir ini terlihat ada orang-orang yang menjadikan kegiatan literasi sebagai pencitraan, atau ikut tren saja. Bagi kami, ini adalah bagian dari kerja ikhlas bersama, bukan petantang-petenteng kerja kosong. Kita jelas dan tujuannya telah digariskan pula, untuk mewujudkan Kabupaten Pasaman Barat bermasyarakat literat,” kata Denni Meilizon.

Lina Syariyenti, S.Pd., Ketua Panitia lomba tersebut yang juga merupakan Owner Rumah Belajar My Rubel mengatakan, “Saya selaku Ketua Panitia acara hari ini mengucapkan terimakasih tak terhingga untuk rekan-rekan panitia yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, atas kontribusi dan pengorbanannya, baik materi, tenaga, dan dukungan yang telah diberikan untuk acara ini. Alhamdulillah, acara kita berjalan lancar dan sukses. Mohon maaf jika saya selaku Ketua Panitia ada salah dan khilaf. Mari kita tetap semangat untuk memajukan literasi. Salam literasi. Terus bergerak!”

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasaman Barat Muharram, S.Sos. mengatakan, “Salut dan bangga kita kepada FPL Pasaman Barat yang tiap kegiatannya selalu semarak dan ramai diikuti. Lomba-lomba seperti ini tentu sebisanya akan selalu kita dukung. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan tentu sedia memfasilitasi dan seraya berharap koordinasi tetap kita jaga dan upayakan agar dampak positif kegiatan FPL Pasaman Barat dapat dikuatkan di tengah masyarakat. FPL Pasaman Barat merupakan mitra kami dalam menggiatkan literasi dan gerakan gemar membaca di Pasaman Barat.”

Lomba Baca Puisi dan Bercerita antar Pelajar se-Kabupaten Pasaman Barat 2022 yang digelar oleh FPL Pasaman Barat tersebut berlangsung dari pagi hari hingga sore menjelang Maghrib. Adapun para pemenangnya pada cabang Lomba Bercerita Tingkat SD, yaitu; Rafardhan Athallah – SD Alamqu Ainurrahmah (Juara I), Takia Mafaza Lubis – SDS PT BPP Sei Aur (Juara II), Aulina Zahra Sinaga – SDN 12 Lembah Melintang (Juara III), Jihana Humaira – SDN 07 Pasaman (Harapan I), Hanif Alkarim Syarnov – SDS Bina Agro Minang (Harapan II), dan Yulia Rahma – SDN 05 Sei Aur (Harapan III).

Untuk cabang Lomba Baca Puisi Tingkat SD para pemenangnya, yaitu; Hanif Alkarim Syarnov – SDS Bina Agro Minang (Juara I), Zuhra Bilqis Gea – SDS PT BPP Sei Aur (Juara II), Afiqah Aimi Khalisa – SDIT Cahaya Makkah (Juara III), Suci Ramadhani – SDN 11 Lembah Melintang (Harapan I), Alya Khairunisa – SDN 05 Pasaman (Harapan II), dan Putri Sakinah SDN 05 Sei Aur (Harapan III).

Pada cabang Lomba Baca Puisi Tingkat SLTP para pemenangnya, yaitu; Jihan Winanda Putri – MTS M Kajai (Juara I), Ratu Balqis – SMPIT Al-Kahfi (Juara II), Athifa Permata Ayunda MTSN 4 Pasaman Barat (Juara III), Luvina Olivia Mailany – SMPN 1 Pasaman (Harapan I), Eka Lutfia Maharani SMPN 3 Kinali (Harapan II), dan Sasa Purnama Sari – SMPS Yapiak Kinali (Harapan III).

Dan pada cabang Lomba Baca Puisi Tingkat SLTA para pemenangnya, yaitu; Nabilatul Afiah – SMAN 1 Pasaman (Juara I), Aisyah Edrina Ali – MAN 5 Pasbar (Juara II), Jeni Lestriana – MAN 4 Pasbar (Juara III), Raudah – SMKN 1 Lembah Melintang (Harapan I), Farhan – MAN 4 Pasbar (Harapan II, dan Fadilla Ramadani – SMAN 1 Kinali (Harapan III).

Kepada para pemenang lomba diberikan hadiah tropi, piagam penghargaan, buku bacaan, dan bingkisan lainnya. Seluruh peserta mendapatkan apresiasi dalam bentuk e-sertifikat.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *