Dit Res Narkoba Polda Jabar Tinjau Kampung Tangguh di Kota Cirebon

CIREBON | BBCOM | Tim Penilai Lomba KBDN (Kampung Bebas Dari Narkoba) Direktorat Narkoba Polda Jawa Barat meninjau sekaligus menilai Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Jum’at (15/9/2023)

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan dibentuknya kampung tangguh bebas narkoba, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai dampak buruk penggunaan narkoba serta cara pencegahan peredaran narkoba dan obat berbahaya.

“Polri tidak akan memberikan celah bagi para  pengedar narkoba dan akan mengambil tindakan tegas  terhadap masyarakat yang terbukti terlibat dalam peredaran narkoba.” tutur Ibrahim Tompo.

Kabag Bin Ops Direktorat Narkoba Polda Jabar, AKBP Heryanto menyampaikan pihaknya mengadakan lomba kampung tangguh bebas narkoba tingkat Polda Jabar, dimana tiap Polres wajib memiliki satu kampung yang bebas dari narkoba.

“Hari ini kita sampai di wilayah Polres Cirebon Kota Polda Jabar  untuk menilai kesiapan baik secara fisik maupun beberapa programnya. Jadi totalnya ada 23 Polres di seluruh Polda Jawa Barat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, ada beberapa indikator yang menjadi dasar penilaian kampung bebas narkoba diantaranya, rencana kerja, anggaran, posko, satgas, dan inovasi termasuk testimoni.

“Testimoni dari masyarakat, apakah kampung bebas narkoba ini memiliki dampak signifikan terhadap peredaran narkoba di wilayahnya,” ucapnya.

Menurutnya, Kampung tangguh bebas narkoba di Kelurahan Kalijaga ini telah memiliki inovasi yang cukup baik bahkan warganya disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

“Tentunya dapat membentengi diri dan tidak mudah terpengaruh oleh mereka yang diluar sana yang merongrong generasi muda untuk terlibat dalam narkotika dan peredarannya,” katanya.

Pihaknya menghimbau kepada generasi muda bahwa narkotika harus dihindari dan mengenal bahaya serta dampaknya, sehingga setiap pemuda dan masyarakatnya bisa membentengi diri untuk menjauh dan mengantisipasi.

“Karena peredaran narkoba itu sudah cukup luas bahkan korbannya pun sudah cukup banyak dari segala macam status sosial maupun lapisan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota, Polda Jabar  AKBP Muhammad Rano Hadiyanto  mengucapkan terima kasih atas penilaian yang diberikan Tim Penilai Lomba KBDN Direktorat Narkoba Polda Jawa Barat.

“Semoga kegiatan ini membawa dampak yang baik bagi masyarakat Kelurahan Kalijaga Kota Cirebon,” tandas Kapolres. (arison/hms)