oleh

Bupati Bandung Lepas 16 Peserta Jambore Nasional XI

KAB.BANDUNG I BBCOM I Bupati Bandung H.M Dadang Supriatna melepas 16 orang Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kabupaten Bandung sebagai peserta Jambore Nasional (Jamnas) ke- XI di Rumah Jabatannya di Soreang, Kamis (11/ 8 / 2022).

Jambore Nasional (Jamnas) ke XI tahun 2022, mengusung tema ceria, berdedikasi, dan berprestasi  yang dilaksanakan mulai tangga 14 hingga 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. Bupati mengatakan, Jamnas merupakan perkemahan besar bagi anggota pramuka penggalang yang dilaksanakan lima tahun sekali. 

“Agenda ini menjadi wahana dan sarana pendidikan yang strategis untuk mengembangkan wawasan, memupuk jiwa persatuan dan kesatuan serta latihan kepemimpinan bagi pramuka penggalang sebagai kader pembaharuan bangsa di masa depan yang bermoral pancasila dan berwatak luhur, mandiri, bertanggung jawab, peduli dan memiliki komitmen dalam penerpaan Tri Satya dan Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Dirinya juga menyebutkan, Kabupaten Bandung akan mengirimkan peserta baik regu penggalang putra maupun putri, yang telah melewati rangkaian seleksi yang cukup ketat.

“Tentu ini merupakan kesempatan berharga dan langka bagi adik-adik penggalang untuk dapat menimba ilmu dan wawasan sebanyak mungkin selama kegiatan Jamnas berlangsung,” ucap Kang DS sapaan akrabnya.

Lebih lanjutnya bupati menyampaikan harapan, agar perwakilan kontingen tersebut bisa menjadi cerminan yang menginspirasi dan memotivasi agar pramuka Kabupaten Bandung bisa lebih baik, khususnya menjadi bagian dari salah satu element pembangunan Kabupaten Bandung Bedas.

“Saya berharap, sebagai duta kabupaten bandung adik-adik dapat memberikan cerminan yang berkarakter, beriman, bertaqwa, berahlak mulia, berjiwa patriot dan taat aturan. Jagalah semangat kebersamaan dengan peserta lainnya, junjung tinggi rasa saling menghormati dan menghargai, selain itu tetap menjaga kondisi kesehatan karena kegiatan seperti ini juga membutuhkan fisik yang kuat dan badan yang sehat,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kwarcab Kabupaten Bandung Hj. Ema Detty Dadang Supriatna berpesan, agar seluruh kontingen bisa memanfaatkan momen jamnas ini sebagai wadah menambah wawasan kepramukaan secara edukatif di alam terbuka, munculkan spirit bandung bedas dalam motto “Satyaku Kudharmakan Dan Dharmaku Ku Bhaktikan”.

“Saya titip para peserta agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan maksimal. Jaga nama baik Kabupaten Bandung serta mudah-mudahan  para peserta setelah mengikuti Jamnas XI dan kembali ke Kabupaten Bandung bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada adik-adik pramuka lainnya,” imbuhnya. 

Seusai acara berlangsung, kak Ema mengajak seluruh anggota Pramuka Kabupaten Bandung untuk mendukung salah satu anggota penggalang yang menjadi Pemimpin Upacara Hari Pramuka tingkat Nasional dan Pembukaan Jamnas 2022.

“Mohon doa dari semuanya, adik penggalang Rafli dari Kabupaten bandung akan bertugas sebagai Pemimpin Upacara Hari Pramuka tk. Nasional dan Pembukaan Jamnas 2022, yang dihadiri langsung oleh Presiden RI selaku Kak Mabinas (Majelis Pembimbing Nasional),  (hms)