oleh

Agus Budiman Minta Disdik Jabar Menjelaskan Ke Publik, Terkait Pemasangan Billboard SMAN di Ciamis

CIAMIS | BBCOM | Akibat dari Kurangnya sosialisasi dari Dinas Provinsi terkait pemasangan papan reklame ( Billboard) SMA di Kabupaten Ciamis Kepala Sekolah merasa kebingungan.

Hal tersebut terungkap ketika awak media dari Bandung Berita .com mencoba konfirmasi kepada beberapa Kepsek SMAN di Kabupaten Ciamis, Jumat (17/6/2022)

Menurut salah satu kepala sekolah, mengatakan “Secara tiba tiba saja ada pihak rekanan yang datang ke sekolah, dengan maksud meminta ijin pasang Billboard,”

“Dalam keterangannya, pihak rekanan sempat menjelaskan bahwa ini bantuan dari Provinsi, namun mereka tidak sempat menguraikan secara detail terkait anggaran yang ditentukan berapa dan pemberi intruksi siapa orangnya pun tidak dijelaskan,” katanya.

Diketahui dari KCD Wilayah XIII maupun Dinas Provinsi, bahwa pemasangan papan reklame di sekolahnya tersebut tak melakukan sosialisasi sebelumnya.

Agus Budiman, selaku ketua Lembaga Pemantau Anggaran Publik (LPAP) kabupaten Ciamis angkat bicara. Dirinya mempertanyakan anggaran Billboard dari dinas Pemprov Jabar yang di pasang di setiap SMA yang ada di kabupaten Ciamis.

“Seharusnya, pihak dinas Pemprov Jabar melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada setiap kepala sekolah SMA,” katanya.

“Tidak seperti sekarang, yang terjadi Billboard di pasang secara sepihak, sedangkan kepala sekolah sendiri ketika di pertanyaan anggaran tersebut kebingungan,”

Lanjut Agus, pihaknya menyayangkan prihal mekanisme pemasangan Billboard tersebut, pasalnya dengan anggaran yang besar, namun kurang jelas anggaran yang diberikan sumbernya dari mana.

“Apalagi berbicara tekhnis dan spek nya tidak di ketahui secara umum, seharusnya dilakukan tender untuk dilelangkan kepada pihak ke tiga secara transparan,” tegasnya.

Dengan adanya kejadian ini, Agus Budiman berharap pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jabar harus bisa menjelaskan ke publik. Supaya program ini terang benderang dan transparan, guna menghindari terjadinya penyalahgunaan anggaran,”

Sampai berita ini ditayangkan, dari pihak KCD Wilayah XIII, saat di konfirmasi pada kasubag via telpon pun belum bisa menjelaskan terkait pemasangan papan reklame ( Billboard ) ke sekolah SMA di Ciamis. ( D Hendra)