Tingkatkan Kualitas SDM Agar Raih WTP

11 Juni 2016 / 04:32 WIB Dibaca sebanyak: 478 kali Tulis komentar

SyahrilBANDUNG BBCom– Pemerintah kabupaten/kota yang belum meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dituntut meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya. Hal ini penting agar pemerintah daerah mampu menyajikan laporan keuangan berbasis akrual dengan baik.

Ketua Komisi I DPRD Jabar Syahrir mengatakan, faktor SDM menjadi kunci utama dalam penyajian laporan keuangan, terutama setelah diberlakukan laporan berbasis akrual.

“Benar, dengan adanya laporan berbasis akrual, diperlukan SDM yang menguasai ilmu akuntansi dengan baik,” kata Syahrir di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Kamis (9/6).

Disinggung perlu tidaknya merekrut pegawai khusus berbasis pendidikan akuntansi, menurut Syahrir hal itu tidak perlu.

“Lebih baik manfaatkan (SDM), tinggal diberi pelatihan tentang tata cara akuntansi,” katanya.

Oleh karena itu, Syahrir meminta pemda berkoordinasi dengan institusi lainnya untuk meningkatkan kualitas SDM agar mampu menyajikan laporan keuangan dengan. Pemda bisa meminta Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) serta perguruan tinggi untuk memberi pelatihan tentang akuntansi kepada para pegawainya.

“Harus itu, untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan tentang akuntansi. Saya rasa bisa, tinggal ada kemauan,” katanya seraya menyebut semua hal ini perlu komitmen yang baik dari kepala daerah. (dp)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *