SMPN 2 Cigugur Gelar Pameran Kemajuan Sekolah

20 Maret 2017 / 11:59 WIB Dibaca sebanyak: 541 kali Tulis komentar

Kuningan BBCom – Pemerintah daerah Kab. Kuningan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerjasama dengan USAID PRIORITAS mendorong lebih banyak sekolah yang telah melaksanakan diseminasi untuk menerapkan hasil pelatihan. Selain mendorong mereka untuk mempraktikkan pembelajaran aktif hasil pelatihan, Dinas Pendidikan juga ingin agar setiap hasil pelatihan dimonitoring oleh pengawas serta menggelar pameran kemajuan sekolah.

Salah satu cara sekolah memperlihatkan hasil kemajuannya adalah dengan menggelar pameran pendidikan atau showcase seperti yang dilaksanakan oleh SMPN 2 Cigugur Kuningan. Sekolah yang telah dilatih oleh fasilitator USAID PRIORITAS memamerkan semua keberhasilan yang telah diraih, baik pembelajaran, peran serta masyarakat maupun budaya baca.

“Kami sangat mengapresiasi atas terlaksananya showcase kemajuan SMPN 2 Cigugur ini, banyak kemajuan yang telah dicapai oleh sekolah ini, bukan hanya pembelajaran, numun juga seni budaya, apalagi kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari komite sekolah dan orang tua siswa, ini menjadi bahan semangat kami untuk mendorong sekolah-sekolah lainnya agar melaksanakan pelatihan USAID PRIORITAS baik melalui KKG maupun MGMP” ujar Dr. Dian Rahmat Yanuar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, di sela-sela membuka acara pameran kemajuan SMPN 2 Cigugur, jum’at (17/03).

Dari pantauan media ini, pameran kemajuan sekolah dihadiri oleh berbagai unsur, mulai Camat Cigugur, muspika, masyarakat, orang tua, guru sampai dengan ratusan siswa SD se Kecamatan Cigugur.

”Betul, kami mengundang seluruh unsur muspika, guru, masyarakat, orang tua dan siswa-siswi SD yang ada di Kec. Cigugur untuk menghadiri pameran kemajuan sekolah ini, sekolah ini terus berkembang dan siap untuk maju, pembelajaran juga semakin meningkat setelah guru-guru kami dilatih oleh USAID PRIORITAS” ujar Adang Kusdiana, M.Pd, kepala SMPN 2 Cigugur.

Selain pamerena kemajuan sekolah, juga diadakan berbagai macam lomba dan bakti sosial untuk memeriahkan acara tersebut, ”agar lebih menarik, kami juga adakan kegiatan lainnya, seperti turnamen futsal, tenis meja, pengobatan gratis bersama Rumah Sakit Juanda, sunatan massal serta mengundang mobil perpustakaan keliling” ujar Adang.

Libatkan Komite Sekolah

Keberhasilan sekolah ini dalam menyelenggarakan pameran kemajuan sekolah, karena tidak terlepas dari dukungan komite sekolah. Dengan adanya dukungan dari komite sekolah, program-program yang direncanakan berjalan lancar sesuai jadwal, ”ini penting sekali melibatkan komite sekolah dan orang tua, agar semua terlaksana dengan baik, maka perlu dukungan komite sekolah dalam semua program yang diagendakan, siswapun senang dengan keterlibatan orang tua mereka” tambah Adang.

Selain itu sekolah ini juga terus berbenah, dengan menerapkan sekolah berwasasan lingkungan, seperti pembuatan hidroponik, penanaman pohon, pembuatan rumah taman hijau dan tidak boleh lagi membuang sampah sembarangan. [Ahmad Syaiful Bahri]


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *