SMK PP Negeri Lembang Siapkan Kader Pertanian Jabar

29 September 2016 / 11:18 WIB Dibaca sebanyak: 705 kali Tulis komentar

yan_7889-1LEMBANG, — Melalui visi menjadi SMK unggul dalam mewujudkan generasi penerus pembangunan pertanian yang berakhlak mulia, cerdas, dan berjiwa wirausaha, SMK Pertanian Pembangunan (PP) Negeri Lembang, Provinsi Jawa Barat, punya tujuan mewujudkan siswa yang berkarakter mandiri, cerdas, terampil, dan produktif berwirausaha.

“Semua ini  guna menyiapkan kader pertanian Jawa Barat untuk mendukung pembangunan pertanian nasional,” kata Kepala SMK PP Negeri Lembang, Dra. Hj. Siti Sadiah Yuningsih, M.M.Pd., kepada wartawan di SMK PP Negeri Lembang, Jl. Raya Tangkuban Parahu Km. 3
Cilumber Lembang, Bandung, Rabu (14/9).

Yuyun –sapaan akrab Hj. Siti Sadiah Yuningsih–, menyatakan strategi guna merealisasikan visi dan tujuan tersebut, pihak sekolah melaksanakan pengembangan karakter unggul pertanian  (barak unggul), melatih tenaga pendidik dan kependidikan dalam aktualisasi potensi diri, mengoptimalkan potensi lingkungan dengan dukungan sarana prasarana yang memadai, serta membangun kerja sama dengan institusi pasangan bidang pertanian.

Dalam kaitan itu pula, lanjut Yuyun, di SMK yang membuka Program Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman dan Agribisnis Hasil Pertanian –keduanya bersertifikat akreditasi A—ini, dilaksanakan program kewirausahaan pertanian sebagai program unggulan.

“Sebagai program unggulan, dalam melaksanakan program kewirausahaan pertanian, selain membangun kerja sama dengan institusi pertanian, baik pemerintah maupun swasta, kami membina kerja sama dengan aparatur pemerintah daerah, yaitu dengan   pemerintahan desa, kecamatan, koramil, dan polsek dalam rangka pembinaan kedisiplinan, hubungan sosial kemasyarakatan, pembinaan ketahanan dan bela negara,” papar Yuyun, seraya menambahkan bahwa SMK PP telah bersertifikat ISO 9001: 2008.

Binaan Disdik Jabar

Pada 2012, sekolah yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA), menjadi sekolah binaan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar, dan berubah menjadi SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang. Dengan demikian, SMK ini menjadi binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Pertanian.

“Begitu menjadi binaan Disdik Jabar, bersyukur kami lebih banyak kedatangan para pejabat terkait. Hal ini, jelas memberikan dorongan moril, sehingga perkembangan sekolah kami terakselerasi secara lebih baik,” ungkap Yuyun, yang menjabat Kepala SMK PP sejak 2013.

Dukungan moril dimaksud –selain dukungan sarana-prasarana–, masih kata Yuyun, dalam rangka pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan, SMK PP sering kedatangan Asda III, Asda IV,  Kepala Biro Yansos, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar, Kasubag Umum dan Kepegawaian, Kepala Bidang Dikmenti, Kasi SMK, Kasubag Keuangan,  para pengawas provinsi dan pengawas, dan pejabat  Disdik Kabupaten Bandung Barat.

“Bahkan Pak Gubernur Ahmad Heryawan beberapa waktu lalu, secara mendadak datang ke sini. Beliau mengaku betah berlama-lama di sini, terutama dikarenakan suasana tenang dan udaranya yang masih sejuk,” terang Yuyun.

Berkat keberhasilannya kini, posisi capaian atau target sekolah berdasarkan sebutan yang diberikan para stake holders (pemangku kepentingan, Red.) dan perannya, sehingga SMK PP Negeri Lembang menjadi SMK Pertanian Unggulan Jawa Barat, yaitu sebagai Sekolah Sehat dan Berkarakter Pertanian; SMK Rujukan Binaan Dit. PSMK Kemdikbud; SMK Binaan Disdikpora Kabupaten Bandung Barat; SMK Binaan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar (boarding school berbasis pesantren dan wirausaha; serta SMK Binaan Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian Provinsi Jabar sebagai dinas teknis. (Dp)


FOTO KUNJUNGAN GUBERNUR

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, bersama Kadisdik Jabar, Dr. H. Asep Hilman, M.Pd., saat bersama rombongan mengunjungi SMK Pertanian Pembangunan Negeri, Lembang, beberapa waktu lalu. * dok. SMK PP


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *