Seni Tradisi Angklung Tetap Diakui PBB

12 November 2016 / 19:14 WIB Dibaca sebanyak: 231 kali Tulis komentar

angklungBANDUNG BB.Com–Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat menggelar Festival Angklung tingkat SMA/SMK se-Jabar, Rabu (9/11). Bertempat di teater tertutup Balai Pengelolaan Taman Budaya Dago Jawa Barat, puluhan siswa siswi SMA/SMK dari 22 Kabupaten dan Kota menjadi peserta Festival Angklung untuk kesekian kalinya digelar itu.

Kepala Disparbud Jabar Ida Hernida mengatakan, kegiatan ini tujuan utamanya untuk melestarikan seni tradisi Jawa Barat khususnya angklung yang telah diakui PBB sebagai warisan tak benda.

“Tujuan utamanya agar angklung tetap hidup di masyarakat Jawa Barat, bahkan diharapkan bisa terus berkembang. Tujuan lain untuk melestarikan angklung sebagai syarat tetap diakuinya angklung oleh PBB sebagai warisan tak benda” ujar Ida.

Ida juga menambahkan, ke depan tidak hanya angklung yang akan difestivalkan tetapi juga kemungkinan bentuk-bentuk kesenian lain yang dinilai hampir punah.

“Insya Allah ke depan bukan hanya angklung tetapi juga mungkin tari topeng, gembyung dan lain-lain. Ini semata agar generasi muda tetap mengenal dan melestarikan kesenian tradisional daerahnya” harap Ida.

Festival Angklung tingkat SMA/SMK se-Jabar berlangsung satu hari dan Rabu malam akan langsung diumumkan pemenangnya. (***)


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *