Sebanyak 57 Warga Desa Cinta Jaya, Terima Uang Ganti Rugi Pembangunan Tol

20 Juli 2017 / 23:07 WIB Dibaca sebanyak: 243 kali Tulis komentar

KAYUAGUNG BBCom-Sebanyak 57 warga Desa Cinta Jaya Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir ( Kab/OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), menerima dana ganti rugi tanah atau lahan miliknya yang terkena pembangunan jalan tol Pematang Panggang – Kayuagung. Proses ganti rugi yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten OKI ini digelar di Hotel Dinasty II Kayuagung, Rabu (19/7/2017).

Menurut Kepala BPN Kabupaten OKI, M Syahrir menjelaskan, untuk proses ganti rugi yang dilakukan kali ini Kementerian Pekerjaan Umum menggelontorkan dana kurang lebih sebesar Rp15 Miliyar untuk membayar sebanyak 57 bidang tanah milik masyarakat Desa Cinta Jaya yang terkena jalur pembangunan tol Pematang Panggang – Kayuagung,” katanya.

Dikatakan Syahrir, jumlah uang ganti rugi yang diterima warga berbeda -beda, sesuai dengan luas lahan yang dimiliki masing -masing warga.

“Ganti rugi yang diterima bervariasi, ada yang menerima Rp100 juta ada juga yang menerima sampai Rp500 juta,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakanya, yang menerima ganti rugi tersebut, ada beberapa masalah seperti rekeningnya diblokir karena sertifikat tanahnya masih di bank, serta ada juga warga mempunyai hutang di bank.

“Untuk masalah yang ini, sertifikatnya yang masih di bank kita tarik dulu, kemudian dipecah sertifikatnya, setelah selesai semua, baru uangnya bisa dicairkan, sementara lahan yang masih sengketa uang ganti ruginya sudah dititipkan dipengadilan, setelah proses selesai dipengadilan baru bisa dicairkan,” jelasnya.

Sementara itu kepala Dinas Pertanahan Kabupaten OKI Pratama Suryadi, menambahkan secara bertahap proses ganti rugi ini akan terus diselesaikan.

“Meski tanah yang terkena tol itu masih sengketa, pembangunan jalan tol terus berlanjut, karena uang ganti ruginya sudah dititipkan dipengadilan, ini ganti rugi yang kesekian kalinya, kita berharap semuanya selesai sehingga progres pembangunan jalan tol bisa selesai sesuai target,” ungkapnya. (pani games)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *