Sebanyak 20 Kota/Kabupaten di Jabar Raih Predikat Kota Sehat

29 Desember 2016 / 13:39 WIB Dibaca sebanyak: 351 kali Tulis komentar

BANDUNG BB.Com – Sebanyak 20 kota dan kabupaten di Jawa Barat meraih penghargaan Swasti Saba atau kota berpredikat sehat dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, kepada bupati dan walikota penerima penghargaan di Aula Barat Gedung Sate, Bandung (14/12).

Kedua-puluh kota/kabupaten tersebut, Penghargaan Swasti Saba Wistara 5 sampai 9 tatanan diberikan kepada Kota Sukabumi dan Kabupaten Cirebon. Swasti Saba Wiwerda 3 sampai 4 tatanan diraih oleh Kota Banjar, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu. Sementara Penghargaan Swasti Saba Padapa 2 tatanan diraih oleh Kota Cirebon, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.

Wagub Deddy Mizwar dalam sambutannya mengungkapkan, pembangunan kesehatan diarahkan untuk mencapai masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat. Kegiatan pembangunan kesehatan dilaksanakan searah dengan komitmen global untuk mencapai target Millenium Development Goals yang saat ini telah diganti dengan target Sustainable Development Goals. Kegiatan ini juga untuk mencegah dan mengatasi permasalahan kesehatan yang semakin kompleks seperti terjadinya penyakit infeksi dan degeneratif yang masih tinggi saat ini.

“Untuk itu pemberdayaan bidang kesehatan menjadi sangat penting,” kata Wagub.

Menurutnya, kabupaten dan kota sehat adalah suatu daerah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi dan telah disepakati masyarakat bersama pemerintah daerahnya.

“Penyelenggaraan ini lebih mengutamakan proses daripada target. Jadi berjalan terus menerus dimulai dengan kegiatan prioritas dalam suatu tatanan kawasan dan dicapai dalam waktu yang sesuai dengan kemampuan masyarakat,” jelasnya.

Untuk tujuh daerah lainnya yaitu Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cianjur Wagub berharap, lebih terpacu untuk mengejar ketertinggalan tersebut, sehingga diharapakan di tahun 2017 nanti seluruh Kabupaten dan Kota di Jabar sudah menjadi Kabupaten dan Kota Sehat dalam tahapannya masing-masing.

Penghargaan Swasti Saba yang diberikan setiap dua tahun sekali ini merupakan wujud apresiasi Pemerintah Provinsi terhadap upaya yang telah dikerahkan oleh Kabupaten/ Kota dalam berproses menjadi Kabupaten/ Kota sehat melalui upaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat.

“Untuk itu saya ucapkan selamat kepada 20 Kabupaten/ Kota, 20 tim pembina dan forum Kabupaten/ Kota sehat dan mudah-mudahan ini menjadi penambah semangat untuk menciptakan Provinsi sehat,” pungkas Wagub. (***)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *