Saber Pungli Kota Bandung Telah Terbentuk

25 Desember 2016 / 07:29 WIB Dibaca sebanyak: 411 kali Tulis komentar

BANDUNG BB.Com–Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil melantik Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) tingkat Kota Bandung di Aula Pendopo Kota Bandung, Jumat (23/12/2016). Tim ini dibentuk dan dikukuhkan dalam Keputusan Wali Kota Bandung Nomor 180/Kep.1360-Inspektorat/2016 Tentang Unit Satuan Tugas Pemberantasan Pungutan Liar Kota Bandung.

Usai pelantikan, Wali Kota mengamanatkan agar tim Saber Pungli ini bertugas dengan cara-cara cerdas sehingga bisa memutus mata rantai pungli dan tidak terjadi lagi di kemudian hari.

“Saya menitipkan, kita bekerja harus lebih cerdas dengan tiga hal, yakni melakukan pembinaan secara psikologis, melakukan penindakan secara hukum dan merubah peraturan,” ucap Wali Kota.

Dari sekian banyak pilihan kebijakan, Ridwan lebih memilih untuk menutup kesempatan-kesempatan pungli mulai dari sistem. Dengan demikian, pemerintah bisa memberantas pungli hingga ke akar-akarnya.

Secara teknis, Ridwan menginstruksikan kepada unit terkait untuk segera membuat buku panduan pemberantasan pungli yang memuat tentang modus-modus yang biasa dilakukan para oknum.

Menurutnya, “Di setiap unit kerja ini modusnya beda, sehingga harus paham cara-caranya itu sehingga setiap orang memahami cara-cara yang lebih baik juga.”

Ia berharap besar terhadap efektivitas kinerja tim Saber Pungli ini. Ia mengaku telah mengupayakan anggaran senilai 3-4 milyar rupiah sebagai dana operasional dari APBD Kota Bandung.

Ridwan menargetkan dengan anggaran tersebut tidak hanya kasus-kasus besar yang ditangani tetapi juga kasus kecil agar menimbulkan efek jera.

“Jangan hanya kasus besar, tapi yang kecil-kecil juga harus diungkap sehingga pesan psikologisnya tidak ada celah maupun kecil atau besar. Semua diharapkan bisa ditindak oleh tim saber ini,” katanya.

Selain dari unsur pelayanan publik di pemerintah kota, Inspektur Kota Bandung, Koswara mengungkapkan, tim Saber Pungli juga memiliki kewenangan meliputi area-area lainnya, seperti area penegak hukum, ekspor-impor, pendidikan, kepegawaian, barang dan jasa, serta oknum-oknum masyarakat sipil yang melakukan pungli.

“Jadi tim ini nanti akan ada yang ditempatkan disana,” terang Koswara.

Pelantikan tim Saber Pungli Kota Bandung turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo, serta jajaran Muspida dan pimpinan SKPD Kota Bandung.

Adapun perwakilan yang dilantik antara lain Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Inspektur Kota Bandung, Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Bandung, R. Budi Triyono (Analis

Bagian Operasi Polrestabes Bandung), Sekretaris Inspektorat Kota Bandung, dan Perwira Seksi Intelejen Komando Distrik Militer 0618/BS Bandung.

Selanjutnya, Inspektur Pembantu Wilayah IV Inspektorat Kota Bandung, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Bandung, Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Wanodyo Sulistyani (Dosen Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung), dan Badan Intelijen Negara Kota Bandung. (kur/ris)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *