Program Pengentasan Kemiskinan Harus Optimal

12 Mei 2016 / 19:57 WIB Dibaca sebanyak: 409 kali Tulis komentar

BANDUNG BB- DPRD Jawa Barat menuntut Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan kabupaten/kota lebih serius lagi dalam mengentaskan kemiskinan di Jabar. Ini dirasa penting mengingat jumlah warga miskin di Jabar masih tinggi bahkan cenderung bertambah.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Yomanius Untung mengatakan, hal ini mencerminkan belum maksimalnya program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Menurut Untung, koordinasi antara pemerintah harus ditingkatkan lagi agar mampu melahirkan program yang baik.

“Memang, ini perannya ada di pusat dan kabupaten/kota. Tapi provinsi pun harus memberi kontribusi,” kata Untung di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Rabu (11/5).

Untung menyebut, belum optimalnya penanggulangan kemiskinan ini harus jadi catatan penting bagi pemerintah. “Kalau sejak awal diketahui, jadi dituntut menyusun rencana program pengentasan kemiskinan yang baik,” katanya.

Disinggung apakah belum akuratnya data kemiskinan yang dimiliki pemerintah menjadi penyebab lainnya, Untung menolak hal itu. Menurutnya, pemerintah jangan mengkambinghitamkan data terkait belum optimalnya penanggulangan kemiskinan.

“Apakah memang data yang tidak akurat itu mengganggu program? Atau programnya sendiri yang salah. Jangan mengkambinghitamkan data,” katanya.

Meski begitu, Untung mengakui, perlu adanya perbaikan dalam penghimpunan data oleh pemerintah terutama menyangkut kemiskinan. “Ya tentu kita berharap ada upaya untuk menyinkronkan data itu,” pungkasnya. (dp)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *