PON XX 2020 Siap Dilaksanakan di Papua

papuaBANDUNG BB.Com – Pelaksanaan PON XIX 2016 telah sukses dilaksanakan di Jabar. Kesuksesan ini menjadi pelecut Papua untuk dapat menyelenggarakan PON berikutnya di tahun 2020.

Gubernur Papua, Lukas Enembe menyatakan bangga dan bersyukur mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah PON XX 2020. Untuk itu, tegasnya, pihaknya melakukan sejumlah persiapan, tidak hanya soal atlet, tetapi juga sarana dan fasilitas.

“Untuk 2020, kami menargetkan 5 besar,” tutup Lukas.

Sementara Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman mengatakan pada 2020, ajang PON XX di Papua akan diselenggarakan di lima daerah.

“Yaitu Jayapura, Wamena, Timika, Biak, dan Merauke” tandas Tono pada evaluasi PON XIX Jabar 2016 di Media Center Utama (MCU) PON XIX Jabar 2016, Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto Bandung, Rabu (28/9).

Ditegaskan, berbeda dengan PON XIX Jabar, di Papua, kemungkinan besar, cabang olahraganya tidak sebanyak tahun ini. Tono mengungkapkan, berdasarkan masukan pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga, PON XX memprioritaskan cabang olahraga pada even Olimpiade, Asian Games, dan Sea Games.

Kendati begitu, lanjutnya, hal itu masih dalam pembahasan. Untuk PON XX Papua 2020, pihaknya mengedepankan pembangunan sarana dan fasilitas terlebih dahulu.

Mengenai pelaksanaan PON XIX Jabar, Tono mengaku puas. Dasarnya, jelas dia, terjadi sejumlah pemecahan rekor pada olahraga terukur, seperti atletik dan renang. Menurutnya, secara umum, ajang krida 4 tahunan di Jabar ini berlangsung lancar walau sempat terjadi beberapa riak di sejumlah venue. “Saya kira, riak-riak itu terjadi karena setiap kontingen ingin meraih prestasi,” ucapnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *