Peran dan Tanggung Jawab Mubaligh Bela Negara NKRI

13 Mei 2017 / 19:01 WIB Dibaca sebanyak: 230 kali Tulis komentar

BANDUNG BBCom-Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial membuka acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Aula FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Rabu (10/5/2017).

Empat pilar MPR RI diantaranya, Pancasila Sebagai Dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka tunggal Ika Sebagai semboyan negara.

Acara Sosialisasi tersebut dirangkaikan dengan kegiatan seminar Kebangsaan dan Pencanangan Gerakan Sejuta Mubaligh Bela Negara Wilayah Jawa Barat. Seminar ini bertemakan “Peran dan Tanggung Jawab Mubaligh Bela Negara dalam Bingkai NKRI”.

Acara tersebut kerjasama Majelis permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia dengan Dewan Pengurus Wilayah Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin) Jawa Barat.

Turut hadir Ketua DPP BAKOMUBIN Deddy Ismatullah, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat Susy Susilawati, Ketua DPW BAKOMUBIN Jawa Barat Moh Najib dan Sekretaris Eksekutif UPI Solehiludin.

Dalam kesempatannya Oded menyampaikan, bagi umat Islam khususnya kegiatan ini merupakan satu kebanggaan. Dengan berkumpulnya para mubaligh bisa sharing-sharing ilmu untuk lebih banyak lagi.

Selain itu, kegiatan itu juga menambah silaturahim antar Mubaligh sehingga menghasilkan materi maupun ilmu yang baru.

“Mang Oded yakin kegiatan ini bisa memperkuat negara kesatuan dengan cara kita berdakwah. Insya Allah jika cara penyampaian dengan benar maka dakwah kita berhasil memperkuat kesatuan Indonesia,”jelasnya.

Ditambahkan Oded, bangsa ini bahkan menghadirkan bangsa yang sejahtera ketika masyarakatnya mampu memahami empat pilar MPR RI.

“Saya ingin setiap dakwah nantinya harus ada kekuatan pertahanan negara yang tercantum di 4 Pilar tersebut,”ujar Oded.

Lanjutnya, tujuan berdakwah saat ini selain memperdalam agama yakni memperkuat pertahanan negara.

“Insya Allah dengan dakwah yang kita sampaikan maka pertahanan negara semakin kuat,”jelas Oded.

Menurutnya, dengan 4 Pilar tersebut diantaranya Pancasila, UUD dan Bhineka tunggal Ika bisa menyatukan dan memperkuat Bangsa.

Adapun dalam istilah Islam dijelaskan dalam surat An Nahl 112 yang artinya, “Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan dengan sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tentram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi penduduknya mengingkari nikmat nikmat Allah, karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaia, kelaparan dan kekuatan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.”

Nah sudah jelas antara Pilar MPR RI dan yang disampaikan Al Qur’an sama artinya. Kita sebagai manusia harus bisa bersyukur dengan apa yang ada saat ini.

“Saya harap dalam sosialisasi dan seminar ini ilmu yang disampaikan oleh pembicara bisa diterapkan dan disampaikan oleh para pendakwah. Sehingga negara kita semakin aman dan nyaman,”pungkasnya. (ris)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *