Pengolahannya Dilakukan Sendiri  PDAM Kab OKI Targetkan 2019 Bisa Mandiri

6 Februari 2017 / 20:42 WIB Dibaca sebanyak: 315 kali Tulis komentar

KAYUAGUNG BB.Com– Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Ogan Komering Ilir  (Kab-OKI) akan mengambangan jaringan pipa, pasalnya perkembangan daerah semakin meningkat jumlah penduduk semakin padat, maka dibeberapa sector program pemerintahan masih butuh perhatian.

Setiap tahun para pelanggan PDAM Kab OKI semakin meningkat saat ini, jumlah pelanggan yang telah tercatat lebih kurang 8000 pelanggan, hal ini jelas menggunakan dana oprasional yang tidak sediki untuk pemeliharaan jaringan pipa yang ada.

Menurut Direktur Utama PDAM Kab OKI H. Khoar (6/2) yang disampaikan Banarianto, prospek pengembangan PDAM akan kita tingkatkan sedangkan tarif bisa di sesuaikan, karena selama ini tarif yang berlakukan Rp.110 perkubik untuk di sesuaikan dengan aturan dasar di perkirakan sebesar Rp.3000 perkubik.

“Insya Allah ditahun 2019 nanti target akan tercapai,  pelanggan bisa mencapai 1300, pengolahannya bisa dilakukan sendiri oleh PDAM sehingga kita bisa mandiri, karena sekarang PDAM masih di subsidi oleh Pemerintah Daerah”. Terang Banarianto.

Dikatakannya, pada tahun 2016 yang lalu PDAM memperoleh pelanggan sebanyak 1810 melalui Proyek PU Cipta Karya yang sekarang menjadi Dinas Perumahan Rakyat. Namun pembinaan dan bantuan baik daerah maupun pusat masih kita butuhkan, karena sesuai dengan peratuaran presiden no. 22 tahun 2015 tentang penyedian air minum.

“Pemerintah Daerah diwajibkan dapat mensubsidi dalam operasional ” sebab harga jual kita mengalami devisit (rugi) untuk itu dengan adanya kerjasama mudah mudahan semuanya bisa tercapai”. Ujarnya

Ia menambahkan, untuk pengembangan PDAM, perlu adanya pembebasan lahan dibeberapa daerah untuk pengembangan maupun kemajuan, dampak positif dan negatif baik itu dalam pelayanan maupun hal lain perlu adanya nilai kesadaran dari masyarakat. “Sekarang sudah ada beberapa daerah yang sudah kita ajukan kepada Pemerintah” . Pungkasnya  (pani)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *