Pemkab OKI ​Komitmen Wujudkan Good Govermence

23 Februari 2017 / 11:04 WIB Dibaca sebanyak: 630 kali Tulis komentar

KAYUAGUNG BB.Com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berkomitmen untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik (good Governance). Upaya ini dilakukan dengan ​menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten OKI, di Ruang Rapat Bende Seguguk (RRBS) I, Selasa (21/2).

​Rakor yang mengambil tema membangun profesionalisme aparatur guna meningkatkan komitmen kerja dan data yang akunrabel dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good govermence),  ini bertujuan untuk menyamakan persepsi. “Dengan menyamakan persepsei antar sesama SKPD dan OPD terhadap implementasi PP agar dapat mencapai kinerja yang optimal,” papar ketua pelaksana rapat, Hendri SH MM dalam sambutannya.

​Hendri menyampaikan bahwa rapat tersebut sebagai laporan kegiatan selama setahun. “Laporan ini dilaksanakan paling lambat tiga bulan setelah anggaran berakhir. Pada rapat ini kita juga menghadirkan dua pemateri dari provinsi, ibu Yulianti se, dan Lenny Yohana SE dari Badan Pemerinksa Keuangan dan Pembangunan perwakilan Provinsi Sumsel dan Lenny Yohana SE,” ungkapnya dihadapan para peserta rapat.

“Selanjutnya tujuan lain dari rapat LPPD ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tim teknis sehingga mampu menyusun draf LPPD sesuai dengan draf yang berlaku,” imbuhnya

Bupati OKI, H Iskandar SE melalui Asisten Sekretariat Daerah (Setda) bidang Penerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs H Antonius Leonardo mengatakan, pada kegiatan tersebut merupakan momen yang pas untuk menyamakan persepsi terhadap implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 tahun 2007.

“Diharapkan dari kegiatan ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat mengetahui kelemahan dan kekurangan data informasi tahun ssebelumnya. Sehingga kekurangan-kelurangan sapat dideteksi lebih awal dan segera dapat  melengkapi kekurangan tersebut,” ucapnya saat membuka rapat.

Dirinya juga mengharapkan apa yang dituangkan data dalam LPPD Kabupaten OKI sebagai akuritas serta validitas yang dapat dipertanggungjawabkan karena hal ini dapat berpengaruh terhadap keberhasilan kinerja suatu daerah.

“Semoga OPD dapat memaklumi dan dapat berupaya melengkapi data, sehingga dapat lebih meningkatkan prestasi kinerjanya serta dapat memperoleh hasil yg maksimal dan tertib dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik,” tegasnya.

Sementara, salah seorang pemateri,Yulianti SE juga mengharapkan terus ada peningkatan dalam penyusunan laporan. “Kalau dibandingkan dengan sesama Sumatera atau regional kita, OKI ini termasuk yang terbaik. Tapi jika dibandingkan dengan daerah jawa kita masih tertinggal,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap akan terus ada peningkatan yang membutuhkan peran aktif dari OPD. Terutama di beberapa dinas memang membutuhkan peningkatan. (pani)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *