Pemerintah Pusat Menganggarkan Rp 280 Miliar Untuk Konservasi Hulu Citarum & Cimanuk

1 Januari 2017 / 18:59 WIB Dibaca sebanyak: 268 kali Tulis komentar

BANDUNG BB.Com-Pemerintah Pusat akan menganggarkan Rp 280 Miliar untuk konservasi kawasan hulu Sungai Citarum dan Sungai Cimanuk. Hal ini sesuai dengan hasil rapat Gubernur Ahmad Heryawan bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama para menteri terkait pekan lalu.

“Pemerintah Pusat memiliki program untuk konservasi kawasan Citarum dan Cimanuk. Sepanjang pengetahuan saya ada Rp 280 Miliar dana yang disediakan oleh APBN tahun 2017 untuk konservasi kawaan tersebut,” ungkap Aher usai acara penyerahan 2 juta benih kopi.

Hal demikian diinformasikan Gubernur saat memberikan sambutan di acara Penyerahan Bibit Kopi kepada 130 kelompok tani di Jawa Barat, Selasa (27/12) di Gedung Pakuan Bandung.

“Kita manfaatkan dengan baik, mudah-mudahan pada saat kita ingin menghijaukan kembali, mengkonservasi kembali kawasan Citarum hulu dan Cimanuk hulu, secara konservasi. Dan pada saat yang sama ada nilai ekonomi, yaitu tanaman kopi,” tambah Aher.

Tanaman kopi bisa memberikan manfaat untuk kawasan konservasi. Kopi bisa ditanam disela-sela tanaman konservasi yang biasanya merupakan tanaman tegakan. “Jadi secara hidrologi air, pelestarian hutan bagus, serapan air menjadi bagus, banjir menjadi berkurang,” pungkas Aher. (***)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *